السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Senin, 17 Oktober 2022

Mendirikan Shalat atau Melaksanakan Shalat

Halimi Zuhdy

Menarik apa yang disampaikan seorang syekh dalam vedio berikut. Beliau menyampaikan perbedaan antara  iqamah (اقامة) dan ada' (اداء) dalam shalat. Mendirikan shalat (اقامة الصلاة) dan menunaikan shalat (اداء الصلاة). Kalau melaksanakan atau menunaikan shalat itu di dalam masjid (atau di rumah), sedangkan mendirikan shalat itu di luar masjid. 
Maka, tidak sedikit orang yang melaksanakan shalat, tapi tidak mendirikan shalat. Atau sederhananya, banyak orang melaksanakan shalat tapi tidak mendirikan shalat. Gerakan dan ucapan ketika shalat, beliau memaknai dengan "melaksanakan" shalat. Sedangkan di luar shalat, adalah "mendirikan" atau membuktikan ucapan-ucapan yang ada dalam shalat.

Shalat hanyalah rutinitas belaka, tapi tidak memberikan dampak kepada dirinya. Mengapa? Karena ia, hanya melaksanakan shalat, bukan mendirikan shalat (اقامة الصلاة). 

Ajaran shalat, seakan-akan untuk Allah saja, tapi  sebenarnya shalat itu untuk diri orang yang shalat, ( mushalli), manusia dan lingkungan. Dan shalat bukan untuk shalat, tapi untuk di luar shalat.  

Sebagaimana dalam Ayat, “Sesungguhnya shalat, dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar”. Berbuat keji dan mungkar kepada siapa, tentunya kepada manusia, lingkungan dan lainnya. Output orang yang shalat dapat selalu berbuat baik kepada orang lain. Tidak boleh sombong, karena setiap geraknya hanya Allah yang Maha Besar. Tidak boleh membudak pada siapa pun, karena hanya Allah tempat sujud, Subhana Rabbiyal A’la wabihamdih.

Selalu menebar salam, kedamaian, kebaikan dan penghormatan kepada alam semesta, ajaran tahiyyat dalam salam terakhir. 

***
Makna filosofi shalat ini sangat luas, baca: (Belajar Hidup dari Gerakan Shalat, Halimi Zuhdy).

https://www.laduni.id/post/read/62776/belajar-hidup-dari-gerakan-shalat

http://www.halimizuhdy.com/2011/03/belajar-dari-gerakan-shalat.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar