السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Senin, 19 November 2018

Perbedaan "Tilmidz" Dan "Thalib"

(Vol 4, Furuq Lugahwiyah)

Halimi Zuhdy

Pertanyaan tentang perbedaan kosa kata Arab  sering muncul di grup WA, FB dan lainnya, dan tidak sedikit yang japri saya, maka setelah beberapa kosa kata Arab yang telah saya kaji, berikut ini (volume ke 4), saya akan kaji perbedaan "Thilmidz" dan "Tholib", dan pada volume berikutnya akan dikaji perbedaan "Daris" dan "Muta'alim".

“Tilmidz” secara bahasa bermakna "Mengikuti’, “Membantu”, “Pelayan",  "Membantu mempelajari kerajinan, kesenian”. Sedangkan dalam Kamus Ma’ashir dan Mu’jam Wasit bermakna “Seorang anak yang belajar (yatalammadz) ilmu”, “Pembelajar yang menuntut ilmu kerajinan dan lainnya”.

Dan ulama bahasa mendefenisikan “Tilmidz” adalah “Pembelajar (siswa) yang belajar di tingkat bawah (ibtida’), menengah (mutawassit).

Maka “Tilmidz” adalah pembelajar yang umurnya sekitar 0-16 tahun, sedangkan setelahnya di sebut dengan “Thalib”. Maka, "Tilmidz" adalah pembelajar (siswa) yang masih membutuhkan arahan (taujih), bimbingan (irsyadat) untuk menuju kematangannya.

“Tilmidz” mereka yang masih dalam bimbingan dan arahan untuk memperbaiki jiwa (nafsiah), mentalitas (Aqliyah) dan perilaku (sulukiyah).

Sedangkan “Thalib” secara Bahasa bermakna “Pencari”, dan secara umum diartikan dengan penuntut ilmu, “thalib” adalah penuntut ilmu yang telah melampaui puber pertama dan memasuki tahap dewasa, serta kemampuan kognitifnya dan pola pemahamannya lebih kompleks daripada siswa (tilmidz).

“Thalib” sering digunakan pembelajar di universitas yang disebut dengan “mahasiswa”, seperti “thalibul al-Jamiah”, atau dalam bahasa Inggris “student”, sedangkan “Tilmidz” dalam Bahasa Inggris sama dengan “pupils”.

“Thalib” juga digunakan untuk sekolah dasar “thalibul madrasah”. Karena kata ini, lebih umum dari “tilmidz”. Namun, penggunakan “tilmidz” khusus kepada pembelajar yang berada di usia anak-anak.

https://www.instagram.com/p/BoYwZORn-5Y/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1bcpgxlz0hzyk

Sedangkan dalam Kamus Mughni, “Thalib” bermakna; (1) yang senang dalam mencari ilmu, (2) dua hal yang paling disenangi, mencari ilmu dan mencari harta (al-Jahidz), 3) suka mencarikan suami untuk anak perempuannya (thaliban lilzawaji mim ibnatiha).

Allah ‘alam bisshawab.

Maraji’; _Mu’jam al-Ma’ashir, Mu’jam al-Ma’ani, Mu’jam al-washit, al-furuq al-lughawiyah, Maqalah furuq lughawiyah lil dukthor Farhan, Mu'jam Mughni._

*) Dosen Bahasa dan Sastra Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang