السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Kamis, 09 November 2023

Zionis; dari Nama Bukit ke Sebuah Gerakan Ekstrem

Halimi Zuhdy

Kata ini membuat darah mendidih, entah kenapa. Setiap mendengar Zionis, ada amarah yang memuncak. Saya coba mencari tahu dari berbagai mu'jam (kamus) berbahasa Arab, apa sih makna Zionis?!. 
Dalam bahasa Arab, kata Zionis adalah Shihyauniyah. Ia berasal dari kata "Shion", yang  berasal dari bahasa Suryani ܨܶܗܝܽܘܢ صِهيَون sebuah nama yang merujuk pada suatu tempat di Yerussalem. Ada juga yang menyebutkan dari bahasa Ibrani. Shion atau Zion, adalah nama bukit yang berada di Yerusalem. 

Shion (Arab/Ibrani) atau Zion (laten), adalah nama dari bukit, ada juga yang menyebutnya gunung yang berada di Yarussalem. Mengapa nama bukit ini yang digunakan?. Banyak sekali pendapat dalam hal ini, ada yang berpendapat karena zion (bukit) itu tempat suci

Zionisme merupakan gerakan politik ekstrem yang bermaksud mendirikan negara Yahudi di Palestina, dan ini sudah terjadi. Dan Zionis ingin menguasai dunia secara keseluruhan. Salah satu tujuan utama gerakan ini adalah membangun Bait Suci Salomo di Yerusalem untuk mendirikan kerajaan Yahudi di sana, serta mendorong imigrasi Yahudi ke Palestina dan pembelian tanah untuk mendirikan pemukiman-pemukiman Yahudi, ini sudah terjadi. Bisa dilihat di peta, betapa gerakan esktrem ini terus menggerus Palestina. Apalagi hari ini, ada pembunuhan massal di Gaza. 

Sejarah gagasan ini sangat kuno dan muncul terutama di Babel, di mana ia diwujudkan dalam janji tuhan yang mereka yakini, dan untuk mempertahankan identitas Yahudi sebagai etnis yang terpisah. Gerakan ini diorganisir sebagai entitas semi-militer yang sulit diintegrasikan dengan budaya lain. Betapa, negara yang baru lahir sudah memiliki persenjataan lengkap, dan kemungkinan mereka juga mempunyai nuklir. Tapi, masih malu-malu mengakui. 

Dalam Al-Aukan, bahwa Alkitab dan Talmud adalah dua sumber utama yang membentuk gerakan ini sepanjang sejarah. Gerakan ini bergantung pada konsep-konsep agama dan ras yang tertutup serta berbagai periode sejarah untuk membentuk visinya. Gerakan ini tidak pernah enggan untuk mengungkapkan kebenciannya dan konspirasinya terhadap umat manusia secara terang-terangan. Dari ini, kita dapat memahami bahwa Zionisme adalah gerakan dengan akar yang dalam dan pengaruh sejarah yang rumit, dengan dampak besar pada sejarah dan situasi di Timur Tengah.

Istilah "Zionis" digunakan untuk merujuk kepada para pendukung gerakan ini, yang bertujuan untuk membangun dan mempertahankan negara Yahudi di tanah Israel. Nama "Zionis" digunakan untuk menggambarkan keyakinan dan tujuan gerakan politik-kebangsaan ini, yang bertujuan untuk mencapai kesetaraan dan pemulihan nasional Yahudi.

Sampai kapan gerakan ini selesai? Sampai tidak terbatas. Dan sudah sangat jelas, bahwa mereka datang untuk sebuah penjajahan, membangun negara!. Kalau membangun negara, pastilah mereka merebut sebuah negara yang pernah hadir di muka bumi, yaitu Palestina. Dan hal ini sangat rumit sekali, rumit dengan berbagai pandang para pengamat. 

Cukup dulu, capek ngomong Zionis. Kalau sudah ngeyel, dan merasa tanah sendiri, maka mereka tidak akan pernah menyerah, walau sebenarnya mereka merampas dan menjajah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar