السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Minggu, 22 Januari 2023

Menelisik Arti Putra Nabi Ya'qub

(Ruben, Levi, Yusuf, Yehuda, Simon, Benyamin dan Dina)

Halimi Zuhdy

Setiap nama yang hadir ke muka bumi, pastilah memiliki arti atau makna. Dan setiap nama yang hadir memiliki rahasia, peristiwa, dan sejarah tersendiri. Ia tidak pernah hadir secara tiba-tiba, kemudian hilang. Apalagi, nama-nama yang terekam dalam kitab suci, kitab kejadian dan buku sejarah. Berikut, penulis mengintip beberapa nama yang cukup masyhur di dunia yang berasal dari putra-putri Nabi Ya'qub. 
Benyamin adalah putra Nabi Ya'qub (Jacob), saudaranya Nabi Yusuf, dan ia merupakan anak ragil dari 12 bersaudara. Benyamin berasal dari bahasa Abariyah (Ibrani). Nama ini terdiri dari dua kata yaitu "ben" dan "yamin". Ben dalam bahasa Arab adalah Ibnu (ابن) dan yamin adalah kanan (يمن). Maka, Bunyamin adalah anak tangan kanan, yaitu anak kesayangan, anak berkah dan yang dipercaya. 

Bagaimana dengan Levi atau orang menyebutnya juga Lawi?. Dan yang menarik, celana Jeans dengan merk Levi's berasal dari kata ini, benarkah?, Bisa benar, bisa salah. Lawi (Lavi) bin Ya'qub adalah putra ke tiga, setelah Ruben, Simon kemudian Lavi (Lawi). Bila ditilik lebih jauh, arti kata Levi adalah menggabungkan (مجامعة). Dari Levi lahir keturunan Nabi Musa dan Nabi Harun. Dan selain kesalehannya, keturunan ini dikenal dengan klan yang tegas dan kuat. 
Berikutnya adalah Nabi Yusuf adalah putra Nabi Ya'qub yang ke-11. Nama ini berasal dari bahasa Ibrani (ibrani taurati) yang bermakna, "Allah memberi hadiah, Allah melipat gandakan, Allah menambahkan". Nama ini cukup masyhur, demikian juga kisahnya. Di Barat dikenal dengan Yosep.

Kita juga sering mendengar nama Ruben, ini adalah putra pertama Nabi Ya'qub. Keturunannya tidak terlalu banyak, dan lemah, berbeda dengan keturuan Levi (Lewi). Ruben artinya dalam bahasa Ibrani هوذا ابن. Saya agak curiga, ben di sini sama dengan Bunyamin (min dan ben). Arti dari Ruben adalah "Lihatlah wahai anakku". Ada juga yang berpendapat Ibnu Ru'yah (anak mimpi), anak yang diimpikan kehadirannya. 

Simon. Nama ini cukup akrab di Eropa, dan pernah terkenal di Indonesia. Ada nama Simon Cowel, Simon Leviev dan lainnya. Simon dalam bahasa Arab Sam'an (سمعان) atau juga tertulis Syam'un (شمعون). Nama ini, dari dua kata Shama dan On, yang bermakna "Allah telah mendengar penderitaanku". Lahir dari ibu yang sama dengan Robin, Lawi, Yahuda, Zabulun dan lainnya. 

Yahuda, atau dalam bahasa Inggris Judah. Adalah putra Nabi Ya'qub yang nomor empat. Dalam bahasa Arab diartikan dengan yahmil (membawa) ya'tarifu (mengakui). Yahuda dikaruniai empat anak laki-laki, dan dari karunia inilah penamaan Yahuda disematkan. Yehudah juga bermakna  'bersyukur', akar katanya dari יָדָה - Yadah - bentuk infinitive-nya: לְהוֹדוֹת - Lehodot, yang artinya 'dia bersyukur atau dia memuji. 

Nabi Ya'qub memiliki 4 orang istri, yaitu Bilha, Zilfa, Lea, dan Rahel. Nabi Yusuf dan Bunyamen lahir dari rahim Rahel. Di antara keturunan Nabi Ya'qub (dari keturunan Yusuf) adalah Yosua (Yusa') dan Elisa (Ilyasa'), dua nama ini banyak digunakan di Indonesia. 

Satu satunya putri Nabi Ya'qub adalah Dina (Dinah, Dainunah). Dari istri beliau yang bernama Leah. Dinah berarti "keadilan" atau juga "orang yang menghakimi."  Tidak diragukan lagi bahwa namanya diberikan kepadanya sebagai bukti kepercayaan orang tuanya pada keadilan ilahi.

***

Dan bila ditilik lebih jauh setiap arti dari 12 putra Nabi Ya'qub ini sangat menarik. Di atas baru 7 putra dan putri Nabi Ya'qub AS. Nama Nabi Ya'qub bermakna "menggantikan", "semoga Tuhan melindungi", dan sejenis dengan nama beliau adalah James, Jakob, Jakov, Jakub, Ya'koub, Yakub, Yakup dan Ya'qoub.

Mari kita analisis lebih lanjut, terkait dengan Celana Jins bermerk Levi's😁

Tidak ada komentar:

Posting Komentar