السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Rabu, 08 Desember 2021

Perbedaan Munajat, Doa, Istighasah dan Isti’anah


Halimi Zuhdy

Meminta, memohon, berharap kepada Allah dalam bahasa Arab menggunakan banyak istilah, di antaranya adalah munajat, doa, istighasah, isti’anah dan beberapa istilah lainnya. Tetapi, ada beberapa orang menganggap beberapa istilah di atas memiliki arti yang sama, dan hanya dianggap perbedaan istilah saja. Dan bukan hanya istilah di atas yang terkadang dianggap sama, tetapi istilah yang akrab sekali dengan kita, juga juga dianggap memiliki dan maksud yang sama seperti kata hidayah, Taufiq, ridha dan maunah. Kata ini berbeda dan maksudnya juga berbeda, taufiq dan hidayah tidak sama, demikian juga dengan ridha dan maunah. 
Munajat dalam KBBI diartikan dengan doa sepenuh hati kepada Tuhan untuk mengharapkan keridaan, ampunan, bantuan, hidayat, dan sebagainya. Ada pula yang mengartikan munajat sebagai salah satu bentuk doa selain wirid, dzikir dan tawassul. Munajad dalam bahasa Arab dari Naaja Yunaji (ناجى يناجى) yang bermakna membisikkan rahasia, menceritakan rahasia, atau membisikan isi hati kepadanya (sarahu bima fi fuadihi). Maka, Munajad adalah doa yang dilantunkan dengan pelan-pelan dan penuh rahasia kepada Tuhan. Dalam Mufradat al-Qur'an karya Raghib Al-Isfahani, Munajad adalah merahasiakan doanya dari orang sekitarnya dan berada di tempat yang tinggi. 

Doa adalah permohonan (thalab) seorang hamba kepada Allah agar dikabulkan hajadnya, sedangkan Munajad bukan permohonan tetapi pembicaraan rahasia (mukhatobah) pada Allah dengan penuh rendah hati (khudu'), apa yang ada dalam hati, penuh kelembutan hati. 

الدعاء هو السؤال والطلب من الله ليقضي الحاجات، أما المناجاة فهي ليست طلبًا، بل مخاطبة الله تعالى، والحديث إليه بكل الخضوع، وبكل ما في قلبك.

Menurut Dr. Ibrahim doa adalah jenis dari Ibadah dari berbagai macam ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah, sedangkan Munajad adalah percakapan rahasia, ungkapan rahasia yang dihaturkan pada Allah karena hati yang lagi galau, pikiran sumpek, dan yang ada dalam pikirannya adalah hanyalah Allah yang Maha Kuasa, Maha segalanya. 

الدعاء: هو نوع من أنواع العبادات التي يتقرب بها العبد إلى الله تعالى .والمناجاة: هي مخاطبة الله سرا ومناداة الله تعالى لعسر وهم وضيق أصاب العبد وتبقى  في نفسه لا أحد يعلم بها سوى الله تعالى.

Istighasah dalam kamus Al-Ma'ani adalah permohonan seseorang agar terbebas dari kesulitan atau memohon agar terbebas dari bencana. Istighasah berasal dari kata al-Ghaus yang bermakna permohonan, bantuan, pertolongan, dan pembebasan. Penambahan huruf alif dan sin yang berpola istif'al, istighfar, isti'ana adalah li thalab sebuah permohonan. Maka, istighasah adalah permohonan kepada Allah agar dijauhkan dari segala bencana, kerusakan, kesulitan, dan permohonan lainnya.  

إِذْ تَسْتَغِيثُونَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ

Artinya: "(Ingatlah wahai Muhammad), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu lalu Dia mengabulkan permohonanmu."

Selanjutnya dapat di baca di www.halimizuhdy. com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar