السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Minggu, 12 Desember 2021

Asal Kata Jurnal

Halimi Zuhdy

Jurnal berasal dari bahasa Prancis, yang awalnya adalah berarti surat kabar harian dalam bahasa Prancis. Surat kabar ini diyakini menyebar luas setelah adanya gagasan membuat sebuah "majalah sastra", majalan atau surat yang ketika itu sangat sederhana sekali yang disebarkan pada pemilik toko kecil, guru, pekerja dan karyawan. (Syria.new) 
Journal berawal dari surat kabar “la journal ” yang dipopulerkan oleh seorang jurnalis Prancis "Fernand Zwa" pada tanggal 28 September 1892, menjadi surat kabar populer pertama di Prancis. Majalah ini diterbitkan dari tahun 1892 hingga 1944 dalam format empat halaman kecil.

Zhao terus berkreasi dengan surat kabar ini hingga tahun 1899. Kemudian dibeli dan dioperasikan oleh Henri Letelier dan merupakan salah satu surat kabar Prancis yang paling banyak beredar ketika itu. 

Kemudian jurnal, yang makna awalnya adalah hari dari kata jour (prancis), journal (buku harian), berkembang dengan berbagai makna, baik dalam bahasa Inggris dan bahasa di dunia, terutama pada abad ke 18. Sedangkan Jurnal dalam KBBI memiliki lima arti, yaitu; catatan harian, surat kabar harian, buku yang dipakai sebagai buku perantara antara buku harian dan buku besar, buku yang dipakai untuk mencatat transaksi berdasarkan urutan waktu dan  majalah yang khusus memuat artikel dalam satu bidang ilmu tertentu.
Jurnal dalam bahasa Arab ditulis dengan جورنال, yang bermakna jaridah (surat kabar), daftrul ustadz (daftar harian guru), shahifah (surat kabar, buletin), mudzakkirah (catatan) dan lainnya. Sedangkan dalam bahasa Inggris tidak jauh berbeda; magazine, journal, periodical, post, review dan lainnya.

Bagaimana dengan jurnal ilmiah? 
Lanjut dalam nadwah ya.wkwkw

Maraji'; Al-Miqatel, Syria.new, Ma'ani, al-Marufah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar