السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Minggu, 08 November 2020

Apa Agama Kamala Harris?

Wakil Presiden Terpilih Amerika

Halimi Zuhdy

Joe Biden meroket, sulit untuk dikejar lagi oleh petahana, Donal Tram. Detik ini, sudah dinyatakan menang, dengan angka 290. Usaha demi usaha Biden telah mengantarkannya pada tangga tertinggi Amerika, demikian juga dengan Kamala Harris. Bila tidak ada halangan, ia akan dilantik pada bulan Januari 2021. Biden akan mencetak sejarah menjadi Presiden tertua Amerika, 78 tahun.
ket gambar: Mij Marin Independent Journal

Bagaimana dengan wakilnya, Kamala Harris? Ia juga akan mencetak sejarah baru di Amerika menjadi perempuan pertama dalam pemerintahan Amerika, wakil presiden pertama. Dan menjadi wakil presiden kulit hitam pertama, serta juga menjadi orang pertama keturunan Asia Selatan yang menjadi wapres AS. 

Ada yang bertanya-tanya, apa agama Kamala Harris? Saya jawab, coba tanyakan saja pada google atau biasanya wikipedia menampilkan agama dan indentitas. "Tidak ada yang menampilkan", jawabnya. "Ia sudah, tidak usah dicari, mungkin ia menyembunyikan agamanya", saya berseloroh. 

"Tidak bisa, agama itu harus tampak, karena ia identitas seseorang, dan ke depannya sepakterjangnya tidak akan jauh dari agamanya"  ia tetap ingin tahu agama Kamala. 

"Menurutmu, agama Kamala itu apa?" saya balik bertanya. "Sepertinya, kalau dari namanya, mirip bahasa Arab, Kamala (seperti, kamil, kamula, kamalun) dan Harris juga mirip bahasa Arab (haris, penjaga)" ia tersenyum, dan mencoba mencari tahu kebenaran dari arti nama itu. 

"Ha..ha..ha.." ketawa saya meledak dan cukup lama.  "Lek..lek, kamu ini ada ada saja, pasti kamu akan mengatakan agamanya sepertinya Islam, karena namanya mirip bahasa Arab. Apakah nama yang berbahasa Arab semuanya muslim?, tidak lah, seperti nama Salim di Indonesia, beberapa dan bahkan banyak nama Salim, agamanya bukan Islam" saya mencoba tidak menghubungkan-hubungkan nama dengan agama seseorang, walau nama adalah identitas dari sebuah agama dan doa sang pemberi. 

Kamala Harris, calon wakil Presiden AS dalam tulisan Arabnya adalah كمالا هاريس bukan كمالة او كاملة حارس. Ia bukan bahasa Arab, entah bahasa apa?.wkwkw. (Atau mungkin saja) Yang jelas dia bukan beragama Islam, karena dalam wikipedia berbahasa Arab ada penjelasan "Kamala diklasifikasikan sebagai orang India dan kulit hitam, tetapi menganggap dirinya sebagai orang Amerika. Harris dibesarkan di Berkeley, California. Sejak usia muda, menghadiri Gereja Baptis, di mana dia bernyanyi bersama saudara perempuannya dalam paduan suara, dan dia juga biasa menghadiri sebuah kuil Hindu". 

Ia masih bertanya lagi, "Ada kata صلوات di laman mc-doualiya.com untuk medoakan Kalama Harris,
صلوات في قرية هندية من أجل المرشحة الديمقراطية لمنصب نائب الرئيس كمالا هاريس وأخرى في دلهي لمباركة ترامب
Apakah kata shalawat disitu menunjukkan muslimah?

Kata "Shalawat" dalam laman itu sama dengan kata "Sembahyang" dalam bahasa kita. Tidak semua shalawat itu adalah shalat bagi seorang muslim. Kata "Shalawat" jamak dari "Shalat", dan memiliki beberapa arti. Kalau shalawat kepada Nabi, maka itu bukan shalat atau sembahyang kepada Allah (shalawatul khamsah, shalat lima waktu). Ia bermakna, memohon rahmat Allah untuk Nabi Muhammad. Ada tebak-tebakan ala santri "Shalat apa yang sah tanpa melakukan wudhu' itu?". Bagi yang belum memahami kata ini, pasti bingung, "Masak sih, sah shalat tanpa wudhu?". Jawabannya, "Shalat sah tanpa wudhu' bila shalat pada Nabi, yaitu bershalawat kepadannya". 

Bila kita membaca laman itu secara lengkap, ada ritual atau sebahyang untuk kemenangan Kamala Harris yang dilakukan penduduk desa asal kakek Kamala,  berasal dari India, berdoa atau bersembahnyang di kuil. 
ويصلي سكان منطقة بجنوب الهند ولد فيها جد هاريس لأمها من أجل الحزب الديمقراطي بسبب صلة القرابة, وقبل ساعات من بدء الاقتراع في انتخابات الرئاسة الأمريكية، تجمع السكان في قرية تولاسندرابورام، مسقط رأس جد هاريس، والمناطق المجاورة لها في معبد لإقامة الصلوات الخاصة.

Terlepas dari beberapa bahasa yang tersirat di sana, Agama Kamala Harris itu masih mastur, apakah ia beragama Hindu atau beragama Kristen. Apa pun agama yang dianutnya, mudah mudahan keberagamaan tetap dijunjung dengan baik, dihargai, dan dihormati. 

Selamat Ya Kamala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar