السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Sabtu, 02 Mei 2020

Kitab Al-Qur'an versi Tadabbur wa 'Amal

Halimi Zuhdy

Bukan kitab tafsir atau buku panduan mengaji, juga bukan kumpulan makalah tentang tema-tema al-Qur'an. Kitab ini berisi Ayat-ayat al-Qur'an, lengkap 30 juz, yang dibagi menjadi 604 unit kajian, setiap unit terdiri dari empat pembahasan: al-Waqafat al-Tadabburiyah (Renungan ayat, tadabbur ayat), Jadwal Ma'ani al-Kalimat (Skedul arti beberapa kalimat), al-Amal bil al-Ayat (Mengamalkan ayat), al-Taujihat (beberapa petunjuk Umum).
Kitab ini termasuk Kitab pembelajaran al-Qur'an dengan menggunakan metode, al-Istima' (mendengar), al-Tilawah (membaca), al-Hifdzu (menghafal), al-Tadabbur (mengkaji, mentaddaburi), al-Amal (mempratikkan). Dan lima motede tersebut diambil dari Ayat al-Qur'an, al-'Araf (204), al-Baqarah (121), al-Ankabut (49), Shad (29), Az-Zumar (18).

Hadirnya kitab ini sepertinya ingin memberikan pencerahan  bahwa al-Quran tidak untuk dibaca (tilawah) dan dihafal saja, tetapi untuk ditaddaburi dan diamalkan, atau juga ingin membantu Madrasah atau Halaqat Hifdh Al-Qur'an yang kecenderungannya hanya membaca dan menghafal saja, dan kemudian dapat mentadabburi dan mengamalkan, maka Kitab Ini diberi nama  "Al-Qur'an, Taddabur wa 'Amal".

Menurut Tim Penulis, di antara sebab banyaknya pembelajar al-Qur'an yang hanya lebih memperhatikan cara membaca dan menghafal, karena tidak adanya metode latihan atau buku panduan khusus untuk "Tadabbur" dan "Mengamalkan". Sedangkan Para Sahabat Nabi dalam mempelajari al-Qur'an sangat memperhatikan dua hal tersebut (taddabur dan amal), sebagaimana diceritakan oleh Ibnu Ma'ud "Setiap seorang dari kami, apabila belajar sepuluh ayat al-Qur'an tidak menambah lagi sebelum memahami artinya dan kemudian dapat mengamalkannya" (Al-Thabari, 1/44).

Dan menariknya setiap waqafat ada beberapa pertanyaan yang kemudian bisa langsung dijawab oleh pembaca dalam kitab ini. Kitab ini dapat dipelajari sendiri, atau juga dengan berjamaah yang dibimbing satu musyrif atau lebih. 

Selamat menikmati Kitab ini bagi yang sudah memiliki. Bagi yang belum, entah bagaimana cara mendapatkannya, karena kitab ini hadiah dari Mudir al-Ma'had al-Bi'sat Yala Thailand beberapa tahun lalu, ketika al-Faqir mengisi Pelatihan Guru Bahasa Arab untuk Guru-Guru Agama di Yala.

Halimi Zuhdy
Malang, 2 Mei 2020

Ramadan Karim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar