السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Selasa, 12 Desember 2017

Roman Theater (1)

Halimi Zuhdy
IG @halimizuhdy3011

Sejarah akan selalu menjadi kenangan dan refleksi, bahwa tidak ada sesuatu yang abadi di dunia, sebesar apapun kekuasaan itu, ia akan tenggelam oleh masa, kuasa lain, dan generasi berikutnya, tetapi asar/jejak itulah yang menjadi pelajaran bagi manusia yang hidup setelahnya. Apakah ia menyisakan api, batu, debu atau hanya angin sepoi. 

Madraj Rumani berupa Roman Theater, terletak di bagian timur kota Amman Yordania, di lereng Gunung Jaufah, yang berhadapan dengan bukit Qal'ah. Theater ini dibuat untuk penghormatan terhadap Kaisar Matrianus yang berkunjung ke Amman pada tahun 130 M.


Thater ini seluas 7.600 m, dibuat pada masa kekaisaran Marcus Aurelius. Untuk menampilkan drama dan nyanyian, juga untuk kesenian lain. Teater yang berukuran besar dan curam ini sanggup menampung 6000 penonton. 

Roman Theater ini dibuat di bagian lereng, bangunan ini berorientasi di utara untuk melindungi penonton dari sengatan matahari.

Teater ini (Madraj al Rumani) ada tiga bagian horizontal, bagian pintu masuk (bab amami) yang berada di lantai dasar. Pintu ini ada yang menuju jauqah (orkestra) dan ada yang menuju masrah (panggung). Ada juga beberapa kamar, kamar di belakang Madraj untuk mengganti pakaian, dan untuk membuat peran lain yang akan ditampikuan pada penonton. 

Panggung ada tiga undakan dengan ketinggian yang berbeda, digunakan untuk tempat menyembahan/ma'bad, patung dari batu, dan patung Dewa Romawi.

Ada dua musium di samping Madraj, musium kehidupan keseharian masyarakat pada waktu itu dan juga berbagai macam pakaian yang digunakan. Ada juga alat-alat tadi dan lainnya. 

Teater masuk kajian sastra, selain prosa dan puisi.  Ada beberapa jenis teater yang ditampilkan pada  waktu itu, teater kuno (masrah, 1981) seperti pertunjukan jenaka (Hazaliyah, farce), jenis teater tertua dan paling terkenal, plotnya berupa tipuan-tipuan, dengan tokoh berkarakter sendiri, bertipikal serakah, lucu, tolol dan lainnya. Ada jenis _tragedi_(Ma'sah), dialognya ditulis bentuk sajak, dengan plot 5 babak dengan cerita yang rinci, temannya seputar Kaun Alghaib/keghaiban dan kemanusian. Ada juga malhah (komedi), Maslah (hiburan), mu'jizat, asror muqaddasah. 

Insyallah saya lanjutkan dengan catatan-catatan lain selama  berada di Yordaniya. Dan akan dipuncaki dengan beberapa gambaran penelitian saya " _Tajalliyat al-adab al-arabi al-ma'shir wa astaruha fi al-harb al araby_, manifestasi sastra Arab Modern dan pengaruhnya terhadap gejolak/kegaduhan/peperangan Arab.

Halimi Zuhdy
Amman, Yordania.
10/12/2017

#romantheater #sejarah #madraj #berubahmasa
https://www.instagram.com/p/BcjHPnRgE0x/