السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Selasa, 19 Maret 2024

Keindahan Al-Qur'an, Suara dan Makna yang Selaras


#4

Keindahan Al-Qur'an, Suara dan Makna yang Selaras

Halimi Zuhdy

Selengkopnya di Link YT
https://www.youtube.com/live/HCNVxBSU1dM?si=VdPOBDNq62GYpSAF

Al-Qur'an bukan hanya kitab suci yang kaya makna, tetapi juga memiliki keindahan susunan bunyi yang selaras dengan kandungannya. Keindahan ini terwujud dalam berbagai aspek, salah satunya adalah kesesuaian suara suku kata dengan realitas atau makna yang ingin disampaikan.

Salah satu contohnya adalah pada surat Asy-Syams ayat 14:
فَكَذَّبُوهُ فَعَقَرُوهَا فَدَمۡدَمَ عَلَیۡهِمۡ رَبُّهُم بِذَنۢبِهِمۡ فَسَوَّىٰهَا
 "Maka mereka mendustakannya dan menyembelih unta itu. Maka Tuhan mereka menimpakan azab kepada mereka karena dosa mereka dan meratakan (tanah tempat tinggal mereka)."

Pada ayat ini, terdapat kata فدمدم عليهم ربهم (fadamadama 'alaihim rabbuhum) yang menggambarkan bagaimana Allah menimpakan azab kepada kaum Tsamud. Bunyi "dam-da-ma" yang berulang-ulang dengan konsonan "m" yang tertutup menciptakan efek suara gemuruh, gempuran, dan hantaman yang berlipat ganda. Hal ini selaras dengan makna ayat yang menceritakan kehancuran kaum Tsamud yang dahsyat.

Contoh lain adalah pada surat Az-Zalzalah ayat 1
إذا زلزلت الأرض زلزالها

"Ketika bumi berguncang dengan guncangannya."

Kata زلزلت (zulzila) diulang dengan bunyi "zal-za-la" yang berdesis. Bunyi ini menggambarkan goncangan dan getaran yang dahsyat ketika bumi bergempa.

Keindahan Al-Qur'an dalam kesesuaian suara dan makna ini tidak hanya terdapat pada dua contoh di atas. Masih banyak contoh lain yang dapat ditemukan di berbagai ayat Al-Qur'an. Dengan memahami keindahan ini, kita dapat semakin meresapi kebesaran Allah dan semakin kagum terhadap mukjizat Al-Qur'an.

Berikut beberapa contoh lain: Kata خر (khaara) yang bermakna "mengeluarkan" dibaca dengan bunyi "kha" yang kasar untuk menggambarkan proses mengeluarkan sesuatu dengan paksa, misalnya dalam kisah Nabi Musa mengeluarkan Bani Israil dari Mesir.

Kata صعق (shi'qa) yang berarti "tersambar petir" dibaca dengan bunyi "shi'" yang mendesis, menggambarkan dahsyatnya sambaran petir.

Dengan memahami keindahan suara dan makna dalam Al-Qur'an, kita dapat meningkatkan pemahaman dan kecintaan kita terhadap kitab suci ini.

*Indahnya Al-Qur'an*
KOPI Ramadan; 
_Kajian Online Puasa Intensif_

Mukjizat Al-Qur'an. 
🔴🎥👇

_Kajian-kajian Al-Qur'an, Mukjizat Al-Quran, Balaghah, Sastra Arab, Turast Islamiyah, Keagamaan,  Kajian Bahasa dan asal Muasal Bahasa, dan lainnya._

🌎 www.halimizuhdy.com
🎞️ YouTube *Lil Jamik*
📲  Facebook *Halimi Zuhdy*
📷 IG *Halimizuhdy3011*
🐦 Twitter *Halimi Zuhdy*
☕ TikTok *Ibnuzuhdy*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar