السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Kamis, 29 Februari 2024

Perbedaan Kata Nikah, Kawin dan Zawaj

Halimi Zuhdy

Ada pertanyaan perbedaan nikah, zawaj, dan kawin?. Secara umum, ketiganya tidak ada perbedaan yang signifikan yaitu bermakna “pernikahan”. Tetapi, ketika ditilik lebih jauh, secara bahasa memiliki perbedaan.

Nikah berasal dari bahasa Arab "an-nikah/النكاح" yang berarti "berkumpul/al-dhammu" dan "berkumpul/berhubungan/al-Jam’u". Zawaj, juga berasal dari bahasa Arab "al-iqtiran/الاقتران" yang berarti "pasangan" atau "jodoh". Sedangkan kawin berasal dari bahasa Indonesia, yang diambil dari bahasa jawa, dari kata “awin”, yang artinya memboyong atau membawa, dan kemudian diartikan “berkeluarga’ dan juga bermakna “bersetubuh”.
Menariknya, kata kawin dan nikah, secara bahasa, juga memiliki asal kata yang mirip, yaitu bersetubuh, berhubungan, dan bertemu. Dan arti zawaj, juga pada awalnya adalah an-nikah, yang juga diartikan berhubungan. Tetapi, penggunaan tersebut, bila merujuk pada istilah-nya menjadi berbeda. Nikah, adalah akad yang menghalalkan hubungan antara laki-laki dan perempuan untuk bersetubuh. Atau pernikahan yang sah secara agama dengan memenuhi syarat dan rukun pernikahan.

Sedangkan kawin, adalah persetubuhan antara laki-laki dan perempuan, belum tentu sah secara hukum dan agama. Tapi, bila merujuk kepada istilah hukum adalah berhubungan badan antara laki-laki dan perempuan, yang dilalui dengan akad nikah. Atau kawin lebih kepada pernikahan antar lawan jenis (laki-lai dan Perempuan), atau membentuk keluarga, menjadi suami istri.

هُوَ لُغَةً الضَّمُّ وَالْوَطْءُ وَشَرْعًا عَقْدٌ يَتَضَمَّنُ إبَاحَةَ وَطْءٍ بِلَفْظِ إنْكَاحٍ أَوْ نَحْوِهِ

Nikah secara bahasa bermakna ‘berkumpul’ atau ‘bersetubuh’, dan secara syara’ bermakna akad yang menyimpan makna diperbolehkannya bersetubuh dengan menggunakan lafadz nikah atau sejenisnya.

Secara umum dengan berbagai pemahaman, nikah lebih fokus pada aspek akad dan keabsahan pernikahan, dan zawaj lebih fokus pada aspek pasangan dan kehidupan pernikahan. Kawin, lebih fokus pada aspek biologis dan hubungan badan, walau kawin itu juga bermakna berkeluarga.

Perbedaan lain, nikah dan zawaj memiliki makna yang lebih luas dan kompleks dibandingkan kawin. Nikah dan zawaj mengacu pada pernikahan yang sah secara hukum dan agama, sedangkan kawin tidak selalu demikian. Perbedaan di atas dapat bervariasi tergantung pada konteks dan sumbernya. Sebaiknya merujuk pada sumber terpercaya untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap dan akurat.

****
Kalau tema ini di Youtube Lil Jamik 👇📚

Tidak ada komentar:

Posting Komentar