السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Kamis, 05 Oktober 2023

Buku Minah Al-Madhi, Para Sahabat Nabi yang Penyair

Halimi Zuhdy

Dalam pengantar Buku "Minah Al-Madhi", dijelaskan kedudukan Puisi Arab di kalangan orang Arab sangat penting. Puisi dianggap sebagai alat komunikasi yang kuat, media budaya, seni, dan bahkan alat pendidikan dalam masyarakat Arab pada masa itu. Puisi bukan hanya sebagai kumpulan kata-kata indah, melainkan juga berfungsi sebagai alat pers, radio, dan bahkan budaya secara keseluruhan.
Selain itu, tulisan tersebut juga menggarisbawahi fakta bahwa banyak dari sahabat Nabi Muhammad SAW ternyata adalah penyair atau memiliki pemahaman yang mendalam tentang puisi Arab. Mereka menghasilkan puisi untuk memuji dan mendukung perjuangan umat Islam pada saat itu. Puisi dijadikan sarana untuk mendukung agama Islam dan memperkuat dakwah.

Dalam buku ini juga menyoroti bahwa dalam budaya Arab, puisi memiliki kekuatan besar. Satu bait puisi bisa mengangkat suku bangsa atau meruntuhkannya. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat Arab pada masa itu untuk memahami dan menghargai keindahan puisi dan kekuatannya.

Terakhir, tulisan tersebut mencerminkan betapa pentingnya puisi dalam pemahaman mereka terhadap Al-Quran. Para penyair dan sastrawan saat itu sangat terlibat dalam memahami dan mengapresiasi keindahan ayat-ayat Al-Quran, sehingga bisa menjelaskan mengapa begitu banyak penyair dan intelektual terlibat dalam menjelaskan pesan Al-Quran dan keajaibannya.

****
Kitab yang sangat menarik ini bisa didownload di internet, membaca setiap rajutan para sahabat yang penyair seperti melihat mutiara-mutiara indah, dan agak malas beranjak dari kursi untuk meninggalkan bait-bait pujian pada Nabi Muhammad ini.

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0cFD3xS3kpeHLwwUiBKdi2zGEVXUbVkxE9KFhD8QcJiNwbJ4Ahsj7D88gvJMcK8JVl&id=1508880804&mibextid=Nif5oz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar