السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Rabu, 09 Agustus 2023

Arkhabil, Nusantara dan Indonesia

Halimi Zuhdy

Bagi pecinta bahasa Arab, kata Arkhabil sangat dekat dengan Indonesia. Bahkan, kata ini seakan-akan bukan lagi bahasa Arab, tapi bahasa Indonesia. 

Kalau ditelisik lebih jauh, kata "Arkhabil" bukan berasal dari Bahasa Arab asli, tetapi dari bahasa Lati yang diserap kedalam bahasa Arab yaitu Archipilacos yang artinya laut utama. 

والكلمة مشتقة من اللاتينية (أرخيپيلاكوس) وتعني (البحر الرئيسي)، وهو اسم تاريخي لبحر (إيجه باليونان).

Dan dalam bahasa ilmiah, kata Arkhabil adalah  untuk menyatakan suatu gugusan pulau (berdekatan satu sama lain), baik jumlah maupun ukurannya, baik berpenghuni maupun tidak. Dan nama ini merupakan nama sejarah untuk Laut Aegea yang berada di Yunani.

Oh ia, mengapa sangat dekat dengan Indonesia, karena Indonesia adalah kepulauan terbesar di dunia. Dan kata Arkhabil kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah kepulauan. Orang Indonesia patut berbangga, karena banyaknya pulau tidak banyak perpecahan, berbeda-beda tetap satu jiwa dalam ruh Bhinneka Tungkal Ika. MasyaAllah.

Dan, jumlah pulau di Indonesia ada 14.572 pulau. Pulau-pulau tersebut tersebar di setiap provinsi yang ada di tanah Indonesia. Pulau terbanyak berada di Provinsi Kepulauan Riau. Sedangkan paling sedikit, adalah Jambi. Riau selain terbanyak, juga memiliki pulau terkecil dan terluar. Asyik ya, kalau bisa menjelajah kepulauan ini. Pulau terpadat adalah Jawa dengan populasi yang signifikan.

Kata "pulau" berasal dari bahasa Melayu, yang pada gilirannya berasal dari bahasa Sanskerta "dwipa" yang berarti "daratan". Sedangkan "kepulauan" berasal dari kata dasar "pulau" yang diberi awalan "ke-" dan akhiran "-an", yang mengindikasikan kumpulan atau sekumpulan pulau-pulau. Bagaimana dengan kata Nusantara?. 

Kata "Nusantara" berasal dari bahasa Jawa Kuno, yang terdiri dari kata "nusa" yang berarti "pulau" dan "antara" yang berarti "antara" atau "di antara". Jadi, secara harfiah, "Nusantara" dapat diartikan sebagai "pulau-pulau di antara" atau "pulau-pulau yang terletak di antara". Istilah ini digunakan untuk merujuk kepada wilayah kepulauan di Indonesia secara keseluruhan. Cek Yuk!!! Di buku IPS 🥰. Kangen sekolah MI lagi. 

Oh ia, kata Dwipantara sama persis dengan kata Nusantara, demikian juga Indonesia "Negeri Arkhabil". 

Akhabil, Dwipantara, Nusantara...Indonesia Jaya.

***
Gambar dari Bobo.grid.Id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar