السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Minggu, 28 Mei 2023

Asal kata Maghfirah (Ampunan)

Halimi Zuhdy

Membidik satu kata, seperti menelisik banyak kata, dan akan bertemu dengan berbagai kata yang seakar dengan asal katanya. Seperti kata Magfirah (ampunan) dan Istighfar (permohonan ampunan), maka akan mendapatkan kata yang seakar dengan maghfirah, yaitu mighfarah, ghufran, ghaffar, ghafir dan lainnya. 

Maghfirah (مغفرة) dan istighfar (استغفار) dari kata al-ghafr( الغَفر), yaitu tutup, menutupi dan menyembunyikan. Maka, tutup atau pakaian untuk kepala dalam bahasa Arab disebut dengan al-Mighfar (المغفر), yaitu pakaian dari besi yang diletakkan prajurit di bawah helmnya, untuk melindunginya dari hantaman senjata (seperti dalam gambar). Sebagaimana dalam hadis sahih riwayat Bukhari; "bahwa Nabi Muhammad  memasuki Makkah pada Fathu Makkah beliau memakai al-mighfar (penutup) di kepalanya". 

أن النبي ﷺ: (دخل مكة عام الفتح وعلى رأسه المِغْفَر).

Dan yang menarik, bila seseorang memohon Maghfirah Dzunub (ampunan dosa-dosa) seakan-akan memohon untuk menutupi dosa-dosanya (yastur dzunub), dan (menutupi dengan tabir-Nya) mengabaikannya dan tidak menghukum atau menyakitinya.

Kata Maghfirah adalah menutupi. Seperti doa "Allahummaf fir dzunubana", Ya Allah tutupilah dosa-dosa kami, atau sering diterjemah dengan ampunilah dosa-dosa kami. Apa yang dimaksud dengan Allah menutupi dalam kata ini?

Ada beberapa arti dari makna menutupi, yaitu menutupi keburukan atau kejelekan seseorang. Karena tidak ada manusia yang tidak punya cela, kejelekan atau keburukan, maka seseorang yang dapat maghfirah, adalah mereka yang ditutupi keburukannya. Atau juga menutupi dosa-dosa yang telah dilakukan seseorang. 

Betapa manusia dipenuhi keburukan, baik secara fisik atau dhahir. Kalau seandainya dibuka kulit yang menyelimuti tulang dan isi perut, maka akan tersingkap kotoran-kotoran fisik manusia. Belum lagi kotoran hati; iri, dengki, dan lainnya, yang seandainya dibuka, maka akan terlihat semua keburukannya. Belum lagi keburukan dari perilaku-perilaku manusia. Maghfirah min dzunub menutup dosa-dosa.


Memperbanyak istighfar, seolah-olah memohon kepada Allah untuk menutupi dosa-dosanya. Al-Mighfar 

An-Nuqayah Guluk-guluk, 28 Mei 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar