السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Kamis, 22 Desember 2022

Menilik Asal Kata "Brunei Darussalam"

Halimi Zuhdy

Brunei Darussalam. Brunei mirip kata Borneo. Borneo adalah sebutan lain dari Kalimantan, salah kepulauan yang ada di Indonesia. Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia. Dan pulau ini ditempati tiga negara; Indonesia, Malaysia dan Brunai Darussalam. Berarti Brunai adalah Kalimantan. Dan negara Brunai Darussalam berada dikawasan atau pulau Kalimantan. 
Dalam Al-Ma'rifah, kata Brunei adalah derivasi dari kata Varunai, bahasa Sangsekerta yang bermakna pelaut. Dalam catatan lisan Syair Awang Semaun kata Brunai dari kata "baru nai" yang bermakna "tempat yang sangat baik". Kata baru nai muncul setelah rombongan klan atau suku Sakai yang dipimpin Pateh Berbai pergi ke Sungai Brunei mencari tempat untuk mendirikan negeri baru.

Setelah menemukan kawasan atau lokasi Brunai yang memiliki kedudukan sangat strategis yaitu diapit oleh bukit, air, mudah untuk dikenali serta untuk transportasi dan kaya ikan sebagai sumber pangan yang banyak di sungai, maka keluarlah kata "baru nai", kalimat takjub atas keindahannya, tempat yang sangat baik, dan sangat cocok untuk dibuat sebuah negeri. Dan kata negare yang juga digunakan sebagai Negare Brunai Darussalaam, dari bahasa Sangsekerta yang artinya negara atau kota.

Darussalam bermakna rumah kedamaian, negeri yang damai, tempat yang aman dan damai. Brunai Darussalam adalah negara aman sentosa. 

Insyallah beberapa hari ke depan akan menilik beberapa tradisi Negeri Brunai Darussalam. 

***
Kampong Kiulap Gadong Brunei Darussalam
18 Desember 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar