السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Kamis, 22 Desember 2022

Asal kata Umm (Ibu) dalam bahasa Arab

Halimi Zuhdy

Mama, umah, ummi, mam, mimi memiliki kemiripan ucapan, dan memiliki kesamaan arti, yaitu ibu. Kata "mama" dalam berbagai bahasa terdapat kesamaan ucapan dan memiliki arti yang sama. Dan dalam banyak bahasa, sebutan untuk ibu ada konsonan yang berhubungan dengan "bibir", seperti umm, ibu, mama, brother, emmbuk, mamak, emmak. 
Di antara sebabnya adalah karena anak yang lahir pertama kali yang dikenal adalah susu ibu (puting). Anak kecil ketika mengeluarkan suara  dengan bibir tertutup, disebut labial sounds, seperti untuk suara /m/ /p/ /b/. Ada usaha untuk  suara yang muncul adalah ‘mmm’ dan kemudian dengan mulut terbuka akan keluar suara ‘ah’. Lama kelamaan ada terjadi pengulangan (babbling) dan terbentuk ‘ma-ma’, ‘pa-pa’ dan kata yang mirip dengannya (Lilian, patahtumbuh).

Bagaiman dengan umm (ibu) dalam bahasa Arab. Apa makna asal dari kata ini?. Imama Khalil dalam Al-Ain yang dinukil Al-Fairuzi, bahwa setiap sesuatu yang bersumber darinya, maka disebut dengan "Umm". Sayyidah Hawwa' (orang meyebutnya dengan Siti Hawa), disebut dengan Ummuna (Ibu Kita). Dan Al-Qur'an sebagai sumber keagmaan dan sumber dari berbagai ilmu pengetahuan disebut dengan Umm Al-Kitab (Induk Kitab). 

Al-Umm juga bermakna asal (Al-Ashl). Asal segala sesuatu. (Al-Ain, 8/424) sebagaimana dalam Tasfir Istiqaqy yang dikuti dari Khalil. Umm, ummaha (أمهة) dengan Ummahat (امهات). Maka, kata Umat, adalah suatu bangsa, atau kelompok yang berasal dari satu kesamaan, baik agama, zaman, atau tempat. 

Umm disebut ibu, karena ia merupakan dari asal keluarnya seorang anak. Dan dari rahimnya tumbuh cabang seorang bayi. Maka, ibu disebut dengan umm (Alsh). Dan umm juga disebut dengan majmak (tempat berkumpul), ibu tempat atau awal bertumbuhnya seorang anak. Juga disebut dengan Al-Marji (tempat kembali), karena ibu tempat paling indah dan paling nyaman untuk tempat kembali, mengeluh, dan mengaduh. 

Bandar Seri Begawan, 22 Desember 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar