السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Selasa, 16 Agustus 2022

Menelisik Asal Kata Tirakatan

Halimi Zuhdy 

Kata tirakat dekat dengan petapa, puasa, menahan nafsu, menahan mata untuk tidak tertidur dan menahan diri dari melakukan dosa. Dan kata tirakatan juga akrab di telinga kita, yaitu seseorang yang bergadang (tidak tidur) ketika malam. Di antaranya digunakan di malam 17 Agustus (tepatnya tanggal 16 Agustus ) dengan istilah Malam Tirakatan. 

Entah, kata ini berasal dari kata asli Indonesia, atau dari luar Indonesia. Tapi, kalau ditilik dari akarnya, maka sangat dekat dengan bahasa Arab demikian juga dengan artinya. Tirakat sangat dekat dengan tarkun (الترك) yang bermakna meninggalkan dan juga dengan kata thariqah (الطريقة) yang bermakna jalan, metode, pola atau cara. 

Dari dua kata di atas (tarkun dan thariqah), kata tirakat lebih dekat dengat kata tarkun (meninggalkan), yaitu tarkul ma'ashi (meninggalkan maksiat, dosa, dan lainnya). Berbeda dengan thariqah, yaitu jalan. Mungkin cara yang digunakan untuk meninggalkan dunia, seperti petapa atau lainnya. 

Dalam KBBI tirakat adalah menahan hawa nafsu (spt berpuasa, berpantang); mengasingkan diri ke tempat yg sunyi (di gunung dsb). Sedangkan kata tirakatan adalah melakukan tirakat.

Ada pula yang menilisik dari akar yang lain, kata "tirah" yang bermakna menepi, tepi. "Petiharan" diartikan dengan tempat yang sunyi, sejuk dan tentram. Dari Jawa Kuno. Ada kesamaan arti dari berbagai kata di atas. Kesunyian. 

Malam Tirakatan yang populer di masyarakat adalah malam tasyakuran atas Kemerdekaan Republik Indonesia. Masyarakat berkumpul di balai desa, atau di lapangan, atau di jalan-jalan untuk melakukan doa bersama. Ada yang melakukan tahlil, istighosah, ada pula yang menyanyikan lagu-lagu kemerdekaan kemudian doa bersama (sesuai dengan agama yang dianut masyarakat setempat) dengan mengundang tokoh agama, dan banyak kegiatan yang dilakukan warga, tentunya ada tumpeng yang siap untuk dipotong.

Bersyukur atas pemberian Tuhan kepada Indonesia. Merdeka. Merdeka dari belenggu penjajah, dan merdeka dari segala hawa nafsu yang mengekang.

Merdeka!!! 

Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia🇮🇩

#Tirakatan #77RI #HUT77RI

BCT Malang, Malam 16 Agustus 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar