السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Minggu, 21 Agustus 2022

Hikmah di Balik Kehebohan

(Joko Tingkir, Sambo, Mas Samsuddin)

Halimi Zuhdy

"Ada-ada saja!. Hanya bikin heboh.!. Norak..!. Tak berkelas..!. Bikin onar..!. Habisi saja..!. Hanya untuk uang. Mau viral.!". Dan kalimat-kalimat lainnya yang menyertai setiap peristiwa akhir-akhir ini. Paling anyar Joko Tingkir, sebelumnya Sambo, dan yang terus bergulir Mas Samsuddin dan si Pesulap Merah. 
Saya coba merenung, bahwa setiap peristiwa selalu memberikan hikmah dan pengetahuan. Misalnya nyanyian yang lagi viral beberapa hari ini  "Joko Tingkir Ngombe Dawet", lagu ini sepertinya sudah satu bulan lalu, tapi hebohnya belakangan. Gegara Farel Prayoga tampil ciamik di Istana. Dan gegara menggunakan nama seorang ulama dan pendiri kerajaan Pajang.

Mungkin, banyak yang tidak paham siapakah Joko Tingkir, karena banyak sejarah kekinian yang tidak merekamnya dalam buku-buku anak bahkan buku untuk orang dewasa pun jarang ditemui. Masyarakat benar-benar awam tentang sosok hebat itu. Siapa sangka, Joko Tingkir adalah seorang tokoh yang sangat dibanggakan. 

Karena kehebohan itulah, masyarakat pada mencari sosok al-Alim Joko Tingkir. Semua pada tahu. Dan masyarakat lebih memahami tentang sejarah keberadaan beliau. 

Ya, demikianlah peristiwa kalau sudah ingin dibuka oleh Allah. Walau hal ini pahit, karena dianggap kurang sopan, dan sang pencipta lagi, mas Pratama, sudah meminta maaf karena ketidaktahuannya atas nama tersebut. 

Mungkin, bukan hanya mas Pratama yang tidak tahu siapakah sosok Joko Tingkir atau Mas Kerebet (nama lengkapnya), tetapi masih banyak masyarakat yang tidak memahaminya. Tapi, gegara kehebohan itulah, namanya semakin masyhur di masyarakat. Dan banyak dicari di media. 

Bagaimana dengan Mas Samsuddin dan Pesulap Merah, bagaimana pula dengan Mas Sambo?! Bisa dicari sendiri hikmah tentangnya yang sangat melimpah. Setiap peristiwa ada hikmahnya. 

Allahumma zidna ilma.

***
Foto pemanis saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar