السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Sabtu, 02 Juli 2022

Patung, Berhala, Arca dan Sesembahan

(Perbedaan Shonam dan Wastan)

Halimi Zuhdy

Dalam bahasa Arab terdapat kata shanam (الصنم) dan watsan (الوثن). Sedangkan dalam bahasa Indonesia, terdapat kata patung, arca dan sesembahan. Apa perbedaannya?

Shonam dan watsan ada yang menganggap memiliki arti yang sama yaitu benda berupa batu atau kayu yang pahat atau yang diukir serupa manusia, hewan atau lainnya. Tetapi, ada pula membedakan antara keduanya.
Shonam dalam bahasa Arab lebih kepada sebuah benda keras atau padat yang dibentuk seperti patung atau lainnya, yang tidak punya ruh, tidak bisa berbicara, atau mendengar atau juga tidak bisa memberi manfaat atau mudharat apa pun. Biasanya terbuat dari batu atau kayu. 

Shonam juga bisa diartikan patung, arca atau juga sesembahan dalam bahasa Indonesia. 

قد ذكر أنّ الأصنام هي جمادات لا حياة فيها ولا روح، حيث إنّها لا تنطق ولا تسمع ولا تنفع ولا تضر، مصنوعة من الحجارة أو الخشب ..الخ، وتكون على هيئة تماثيل أو غيرها. 

Berbeda dengan watsan, yaitu segala sesuatu yang disembah selain Allah. Dan ini lebih bersifat umum, sesembahan tersebut bisa manusia, hewan, tumbuhan, atau benda lainnya. Dan kata watsan lebih umum, yang biasa digunakan untuk sebagai sesembahan untuk orang-orang terdahulu. 

Dan watsan kalau ditilik dalam kamus bahasa Indonesia, ini lebih dekat dengan kata berhala. Berhala adalah objek berbentuk makhluk hidup atau benda yang didewakan, disembah, dipuja dan dibuat oleh tangan-tangan manusia. 

أمّا الأوثان فهي كل ما يعبد من غير الله، سواء كان هذا الشي إنساناً، أو حيواناً، أو نباتاً، أو جماداً، فكلمة الأوثان هي عامة وشاملة لكافة الآلهة التي كان يعبدها البشر قديماً، حيث إنّ كل صنم يعتبر وثناً، وليس كل وثنٍ صنماً.

Dalam KBBI arca memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga arca dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Tetapi lebih khususunya adalah patung yang terutama dibuat dari batu yang dipahat menyerupai bentuk orang atau binatang. 

Ada pula yang mengartikan Arca lebih khusus lagi, adalah benda yang disembah. Sedangkan patung adalah tiruan bentuk orang, hewan, dan sebagainya dibuat (dipahat dan sebagainya) dari batu, kayu, dan sebagainya. Perbedaannya dengan berhala, kalau berhala adalah patung dewa atau sesuatu yang didewakan yang disembah dan dipuja. Demikian dawuh KBBI. Apa perbedaannya? Arca dan patung memiliki arti yang sama, sedangkan berhala adalah yang disembah.

Banyak sesembahan yang disembah selain Allah, seperti kayu, batu, gambar, ada pula jabatan, harta, kekuasaan. Menjadi sesembahan!!! 

Kira-kira apa yang paling banyak disembah dalam kehidupan modern?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar