السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Sabtu, 30 Juli 2022

Asal Kata Haram, Harim, Muharram

Mengapa dinamakan Bulan Muharram? Apanya yang haram, dan apa yang diharamkan?

Apa hakekat arti haram sampai menjadi nama sebuah bulan tersebut, dan mengapa bulan itu dimuliakan, sedangkan maknanya adalah haram!?

Apa kaitannya kata haram dengan kata haram lainnya, seperti masjid haram, takbir ihram, hukum haram, dan haram-haram lainnya, dan bagaimana pula dengan kata harim?
Haram secara bahasa adalah adalah terlarang, terhalang, terjegah. Dan setiap kata yang terdiri dari kata ha ra ma (ح ر م), maka memiliki arti yang sama, atau merujuk pada makna terhalang. Seperti kata mahram yang bermakna tidak boleh dinikahi atau terhalang. Muhrim orang yang sedang ihram (dilarang melakukan sesuatu yang diharamkan, memakai pakaian yang berjahit, potong rambut dan lainnya). 

Al-Haram Al-Makky (الحرم المكي), atau masjid haram, bukan masjidnya yang haram, tetapi masjid yang suci, mulia, maka dilarang melakukan sesuatu yang haram (menyebabkan dosa) di tempat tersebut. 

Harim bermakna terjaga, terpelihara, terlarang. Dan istilah ini sering dikenal dengan seorang istri. Dan kata ini juga bermakna terbatas, terhalang, dan terhormat. Yaitu perempuan yang dilarang untuk disentuh. Bagaimana dengan harem? 

Kata-kata yang memiliki derivasi yang sama dengan haram adalah beberapa kata berikut; hirman, hurmah, muhrim, mahram, ihram, haram al-jamiah, hurum, harami, haramain, muharram, dan kata-kata lainnya. 

Terkait dengan mengapa dinamakan bulan Muharram, maka dapat disimak di vedio berikut (kolom dikomentar)..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar