السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Senin, 05 Juli 2021

Uslub Nida’ (panggilan) dalam al-Qur’an

Kajian Ramadhan (1)

Halimi zuhdy

Lawan bicara al-Qur’an itu bukan hanya orang Islam, tetapi semua umat manusia. Karena al-Qur’an hadir untuk memberi pencerahan kepada seluruh umat manusia, sebagaimana redaksi Hudan linnasi (petunjuk untuk manusia), bukan hanya hudan lil muslimin (petunjuk bagi umat Islam). Kehadiran al-Qur’an memberi petunjuk, menunjukkan jalan yang benar, meluruskan yang bengkok, dan sebagai pembeda antara yang haq dan yang batil.  
Lawan bicara al-Qur’an itu beragam, hal ini dapat dilihat dari uslub Nida’ (panggilan) yang tidak hanya menggunakan “wahai orang-orang beriman” tetapi juga “Wahai orang-orang kafir”. Al-Qur’an mengajak berdialog, mendialogkan dirinya dengan realitas, dan mendialogkan keyakinan yang diyakini atau diingkari. Bahkan al-Qur’an menantang sesiap yang mengingkari untuk bersaing atau membuat seperti dirinya. 

Nida’ (panggilan) dalam al-Qur’an ada beberapa macam, yang paling banyak digunakan adalah panggilan untuk orang-orang yang beriman “Ya Ayyuhal ladzina Amanu, wahai orang-orang yang beriman”, redaksi ini terdapat di 89 tempat. Berikutnya untuk semua umat manusia “Ya Ayyuhannas, wahai manusia” terdapar 20 tempat. Panggilan kepada Nabi terdapat di 15 tempat, Ya Ayyuha al-rusulu, ya Ayuha nabi….. dan ada juga “ya Ayyuhal insan”, dan panggilan untuk orang kafir “ya Ayyuha al-kafirun”, “ya Ayyuhaladzina kafaru” Dan beberapa khitab lainnya. 

Tidak semua redaksi nida’ dalam al-Qur’an menggunakan “ya Ayyuha”, ada juga “ya ayyatuha” dan ada juga “ya”. Pemilihan adawat (bentuk panggilan, alat) nida’ bukan hanya karena jenis munada (yang dipanggil) laki-laki atau perempuan, tunggal atau jamak, tetapi ia memiliki makna dan fungsi tersendiri. Dan terkadang huruf (adat nida’) dalam Al-Qur’an tidak ditampakkan (dihilangkan), seperti;

قَالَ رَبِّ ٱغْفِرْ لِى..، قال رب أرني…، قال رب لوشئت اهلكته…، رب اجعلنى مقيم الصلاة…، قال رب انظرني…، قال رب بما اغويتني

Huruf-huruf panggilan di atas tidak ditampakkan (dibuang), tetapi dalam terjemahan tetap ditulis dengan “wahai”, yang asalnya adalah “Ya Rabb, wahai Tuhanku. Dalam kitab I’jaz al-Qur’an Lamasat bi bayan al-Qur’an, hal tersebut berfungsi lil ta’adub (memuliakan), dan juga berfungsi sebagai tanzih (mensucikan) Allah dan ta’dhim (memuliakan) Allah, serta beberapa fungsi lainnya. Panggilan kepada Allah, kebanyakan menggunakan kalimat doa, bukan perintah atau larangan. Sebagaimana doa Nabi Zakariya yang memohon kepada Allah untuk diberikan keturunan dengan redaksi yang sungguh lembut dan rendah hati; 

رَبِّ إِنِّي وَهَنَ العَظْمُ مِنِّي وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْباً وَلَمْ أَكُنْ بِدُعائِكَ رَبِّ شَقِيّاً 
“Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku”

Kebanyakan huruf nida’ yang tidak tampakkan, adalah panggilan kepada Allah.

Panggilan dalam al-Qur’an sangat vareatif, baik dari aspek mukhatabnya (yang dituju), gaya pengunaanya, fungsinya serta penggunaan huruf munada (bentuk panggilan). Misalnya panggilan sebagai bentuk pujian, penghargaan, kasih sayang; Ya Ayyuhan Nabi (يا ايها النبي), Ya Ayyuhar rasul (يا أيها الرسول) , Ya Ayyuhal ladzina Amanu (يا أيها الذين آمنو). Bentuk penyesalan; Ya hasrata (يا حسرتا).   Tantangan; Ya ma’syaral jin wa ins inisthata’tum antanfudzu min aqthari samawati wal ardh (يا معشر الجن والإنس ان استطعتم أن تنفذوا من أقطار السموت والأرض). Dan beberapa fungsi lainnya.

Penggunaan huruf Nida’ dalam al-Qur’an tidak hanya sebuah panggilan, tetapi memiliki I’jaz, rahasia dan keunikan, ada yang jauh serasa dekat, tetapi yang dekat masih menggunakan kata panggilan. Panggilan yang fungsi awalnya memanggil yang jauh, tetapi terkadang ia adalah sebuah ungkapan kasih sayang, cinta dan kelembutan.

Allahu’alam bishawab
Sumber;
Mu’jam Al-Araby
Asrar balaghiyah li hifdz harf Nida’
Uslub Nida’ fi al-Qur’an al-karim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar