السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Rabu, 26 Mei 2021

Hakikat Idul Fitri

Halimi Zuhdy

Hakikat Idul Fitri itu adalah mengamalkan Ayat "Walitukabbirullah 'Ala Mahadakum"

.... وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمۡ وَلَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ
Surat Al-Baqarah 185

" ...dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur". 
 Mengagungkan Allah (ta'dhim), memuji (tsana') dan bersyukur dengan memperbanyak takbir (Allah Akbar, Allah Akbar, Allah Akbar). 

Mengapa mengagungkan Allah? karena Dialah yang memberikan nikmat yang luar biasa,  Allah yang mensyariatkan puasa yang di dalamnya terdapat banyak hikmah dan faidah, serta menjadi sebab seseorang berada ditingkat takwa, serta seorang mukmin diberikan kemudahan untuk menjalani puasa satu bulan penuh. 

مِنَّة الله تعالى على العباد بفرض الصيام كشريعةٍ تأخذ بيد المؤمنين إلى التقوى، وتيسّر لهم السبيل إليها، وتهيئهم لمزيد من القرب من الله تعالى ونيل رضوانه

Allah juga menurunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk (hudan) dan pembeda (furqan). Nikmat diturunkannya Al-Qur'an melebihi nikmat apapun di dunia.

مِنّة الله تعالى على عباده بشهر رمضان نفسه وزمانه، وما جعل الله فيه من فضائل كتنزيل القرآن، الذي هو أعظم المنن وأجلّ النعم

Allah memberikan keringanan (rukhshah) bagi orang yang tidak mampu berpuasa, atau bagi musafir dan orang sakit untuk berbuka dan menggantinya setelah ramadan. 

مِنّة الله على عباده بجعل رمضان أيامًا معدودات، والتماس الأعذار فيه لأصحاب الأعذار، والتخفيف عمّن لا يطيق الصيام لسبب أو لآخر

Dan Allah menegaskan "Allah menginginkan kemudahan, bukan kesulitan".

Inilah sebuah nikmat yang tiada tara, sehingga pantaslah kita untuk mengagungkanNya, memujiNya, dan bersnyukur padaNya. Bentuk mengagungkan dengan mengucapkan Allah Akbar (secara dhahir) serta bersyukur dengan merayakannya, berbagi bersedakah dan amalan-amalan lainnya. 

Idul Fitri bukan hanya sebuah perayaan biasa, tetapi sebuah pengagungan kepadaNya, Dialah Maha segalaNya, Maha Agung, Maha Besar, Maha Suci. Atas nikmat yang luar biasa, kita mensyukurinya dengan bersedekah, berbagi zakat fitrah, bersilaturahim, dan amalan-amalan lainnya yang dianjurkan. 

***********
Halimi Zuhdy sekeluarga mengucapkan Taqabbalallahuminna Waminkum Taqabval Ya Karim

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar