السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Senin, 25 Mei 2020

Asal kata Sadar

Halimi Zuhdy

Musim marah di mana-mana. Puasa-puasa kok masih marah.wkwkw. Inni Shaimun harus dipratikkan. Tempatnya yang dututup, marah. Bila dibuka juga banyak yang marah. Dibiarkan, malah marah-marah. Piye jal.wkwkw. Butuh kesadaran dan kesabaran.

Saya tidak mau bahas marah-marah.😀. Di atas hanya sebagai pengantar saja. Saya hanya mengkaji asal kata "Kesadaran". 

Tayyib. Kesadaran berasal dari kata bahasa Arab "Shadr" yang memiliki arti dada, tumbuh, asal, akar, tampak, awal, terbit, lapang, permulaan, dan makna lainnya. 

Kesadaran lebih dengan kata "shadr" yaitu dada dan lapang. Lapang berarti luas. Orang yang lapang dada, selalu disebut dengan sabar. Kesadaran dalam  KBBI diartikan keinsafan, yang dirasakan seseorang, . Berasal dari "Sadar" yang bermakna insaf, merasa; tahu dan mengerti, ingat kembali, siuman dan bangun. 

Kesadaran pada hakekatnya adalah memahami, mengetahui, mengerti akan dirinya dan kediriannya atau terkait dengan lainnya. Dan kesadaran ini tergantung bagaimana keadaan hati yang letakkan di dalam dada, serta pemahaman dan pengertiannya yang terletak dalam pikirannya. Sangat dengan kesadaran seaeorang dengan kelapangan dadanya dan pemahamannya. 

Seseorang yang tidak sadar dan menyadari, ia akan ngotot, merasa paling benar, bahkan orang lainlah yang harus menerima akan kesadaran dirinya. Butuh dada yang lapang, butuh pengetahuan, sehingga kesadaran akan dapat menyelimuti dirinya. 

Salam Sadar.😁😍
Tabik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar