السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Sabtu, 05 Mei 2018

ISU-ISU SASTRA ARAB DI ERA MILINIA


@halimizuhdy3011

Bahasa dan sastra Arab (BSA) Fak. Humaniora UIN Malang di tahun  2018 mengawali agenda besarnya dengan mengadakan seminar Internasional yang bertema "al-Ittijahat al-hadisah fi adab araby wa tawaquatuhu fi dhill aulamah", mengangkat isu-isu terkini sastra Arab dan harapan besarnya di era milinia. .

Sastra Arab yang muncul beberapa abad lalu, melampaui sastra lainnya di dunia, masih bertahan dengan gagah, namun tidak sedikit masalah yang dihadapinya, apalagi  pada masa Mamalik dan Sha'aliq mengalami kemerosotan besar, ujar Prof. Dr. Ahmad Darwisy Ibrahim Muhammad. 
.
Setelah beberapa abad berikutnya, ketika Mesir dan Dunia Arab bersentuhan dengan Prancis, pada awal abad 19 ada perkembangan sastra Arab yang luar biasa, dan masa itu disebut-sebut sebgaai "asr Nahdhah" masa kebangkitan sasra Arab, dan dimulainya masa Sastra Arab Modern.
.

Seminar yang diadakan oleh BSA ini, mampu menyedot ratusan orang di Home Theater Fakultas Humaniora, sampai-sampai dosen dan beberapa peserta yang terlambat harus rela duduk di lorong-lorong theater. Ada tiga penyaji; Prof. Dr. Ahmaf Darwisy Ibrahim (Guru Besar Balaghah, Kritik Sastra, dan Adab Muqaran Cairo Universty), ​ Prof. Dr. Abdurrahim Kurdi, MA​ (Guru Besar Fakultas Adab dan Humaniora Canal Zues), ​Dr. H. A. Muzakki, MA​. Di era Milinia ini, sastra Arab mengalami masalah pelik, menurut Prof Darwis, banyak kata-kata yang disingkat, dan banyak yang memggunakan angka-angka untuk mengganti huruf-huruf yang tidak ditemukan dalam bahasa Arab. Serta persinggungan antara sastra Arab dengan sastra Dunia lainnya. 
.
Namun, di sisi lain, Sastra Arab dapat membuka diri bagi sastra Dunia, dan bisa banyak belajar, dengan terjemahan, bentuk-bentuk dan lainnya. Dan memang seharusnya, Menurut Prof Darwis, Sastra Arab selalu mencari kawan dalam membuka diri, terutama yang senafas dengannya, seperti nilai-nilai Islam dan lainnya. 

-----------------------------------------------------------------------

Lebih lengkapnya dapat diikuti pada kajian Sastra Arab (1 dan 2) di portal www.halimizuhdy.blogspot.com
.
.
#sastraarab
#bsauinmalang