السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Jumat, 13 Agustus 2010

SEJARAH RAMADHAN DAN PERISTIWA YANG TERJADI

Halimi Zuhdy

Puasa yang kita laksanakan di bulan ini sudah berjalan ratusan tahun, demikian juga peristiwa yang terjadi didalamnya sungguh sangat banyak. Dalam bahasa Arab puasa adalah shaum, yang berasal dari akar kata shama yang bermakna amsaka-imsak (menahan) yang kemudian istilah ini digunakan dalam Islam sebagai bentuk pengabdian kepada Allah st, sebagai perwujudan kecintaan dan ketaan terhadap agama, yang dalam agama Islam hal tersebut merupakan rukun Islam yang ke-empat, yang bagi pemeluknya puasa merupakan kebutuhan hidup yang tidak boleh ditinggalkannya, kecuali bagi orang yang dapat keringanan dan pengecualiaan (istinaiyat).

Puasa Ramadhan yang kita laksanakan pada bulan ini, pertama kali diwajibkan Allah swt kepada Umat Islam melalui Rasulnya saw pada Tanggal 1 Ramadhan pada hari Ahad 2 Hijriah (26 Pebruari 624 M) adalah pertamakalinya umat Islam melakukan puasa, dalam beberapa pendapat puasa diwajibkan pada hari Senin 1 Sya’ban 2 H.

Dan beberapa peristiwa penting yang terjadi pada bulan Ramadhan sejak diwajibkannya adalah :
  1. Turunnya al-Qur’an “ syahru ramdhan al-ladzi unzi fihi al-Qur’an….." yang terjadi pada tanggal 27 Ramadhan, hal tersebut merupakan peristiwa besar dan luar biasa. Dan memberikan dampak yang besar pula dalam kehidupan umat manusia, dan nya al-Quran tersebut memberikan sejarah baru dalam perjalananan kehidupan umat manusia.
  2. Perang Badar (ghazwah al-badr)Terjadi pada hari ketujuh belas Ramadan di tahun kedua setelah hijrahnya Nabi Muhammad saw, dan umat Islam hanya berkekuatan 313 orang, dan dengan persenjataan yang sangat sederhanasedangkan orang-orang kafir sebesar 950, dengan peralatan yang luar biasa, namun bantuan Allah swt datang untuk membantu umat Islam, dan akhirnya pertempuran dimenangkan umat Islam.
  3. Penaklukan Makkah (Fath Makkah), peristiwa ini terjadi pada tanggal dua puluh Ramadhan 8 H.
  4. Meninggalnya Fatimah binti Rasulullah pada hari ke tiga Ramadhan tahun ke 11 H.
  5. Meninggalnya Khalid bin Walid, tanggal 18 Ramadhan tahun ke 21 H.
  6. Meninggalnya Siti Aisyah ra 16 Ramadhan tahun 58 H
  7. Pertempuran Bilad syhadak, 2 Ramadhan 114 H. pertempuran ini terjadi pada masa pemerintahan Khalifah Umayyah Hisyam bin Abdul Malik di Perancis, disebut biladh syuhada’ karena banyaknya muslim yang meninggal dunia.
  8. Penaklukan Umuriyah terjadi pada bulan Ramadhan tahun 223 H.
  9. Pertempuran Ain Jalut 24 Ramadhan tahun 658 H, Kemenangan Umat Islam atas Mongol, dan pertempuran ini banyak menginspirasi umat Islam dalam meraih kemenangan.
Peristiwa pada bulan Ramadhan sesuai dengan urutan sebagai berikut :
Tanggal 1 Ramadhan
1. Turunnya Mushaf Ibrahim pada malam pertama bulan Ramadhan
2. Tanggal 1 Ramadhan pada hari Ahad 2 Hijriah (26 Pebruari 624 M) adalah pertamakalinya umat Islam melakukan puasa, dalam beberapa pendapat puasa diwajibkan pada hari Senin 1 Sya’ban 2 H.
3. Penaklukan di Mesir tahun 20 H (13 Agustus 641 M) pada masa Umar bin Khatab, yang dipimpin oleh Amr bin Ash dan menjadikan Mesir negeri Islam.
4. Penaklukan Andalus 1 Ramadhan 91 H (710 M).
5. Blokade Benteng Babilonia 1 Ramadhan 20 H (31 Agustus 641 M).

Tanggal 2 Ramadhan
1. Pertempuran Bilad syhadak, 2 Ramadhan 114 H (26 Oktober 742 H). pertempuran ini terjadi pada masa pemerintahan Khalifah Umayyah Hisyam bin Abdul Malik di Perancis, disebut biladh syuhada’ karena banyaknya muslim yang meninggal dunia.
2. Jatuhnya Daulah Umayyah setelah menguasainya Abdullah Abu al-Abbas atas Damsiq pada 2 Ramadhan 132 H (13 April 750 M), dan awal mulanya berdirinya Daulah Umayyah.
3. Dilahirkannyaseorang ahli sejarah dan seorang filosof yaitu Ibnu Khaldun, pada 2 Ramadhan tahun 732 H (27 Mei 1332 M)


Peristiwa pada bulan Ramadhan sesuai tanggal akan dilanjutkan kemudian (Bersambung ….)


Peristiwa penting di atas dapat memberikan I’tibar bagi umat Islam, sehingga dapat mengenangnya dan mengetahui peristiwa yang terjadi dalam bulan tersebut.
Mudah-mudahan puasa Ramadhan tidak hanya meninggalkan kenangan, dan keistimewaan di hati muslimin, tetapi dapat memberikan dampak lahir dan batin bagi umat manusia di muka bumi, sebuah kejadian yang terjadi di masa lalu akan memberikan hikmah,jika ia benar-benar direnungi dan diresapi yang kemudian diikuti jika didalamnya terdapat kebaikan bagi diri, orang lain dan lingkungan. Hidup tidak hanya berjalan lurus, menemukan titik yang kemudian lenyap begitu saja, sebuah kehidupan berawal dari awal itu akan menemukan kesudahannya, dalam peruses penemuaan itulah “peristiwa” adalah sebuah kenikmatan untuk direnungi, agar apa pun yang terjadi pada masa lalu dapat memberikan secercah cahaya indah, meskipun peristiwa iu tidak selamanya indah, tapi dari keburukan itulah akan ditemukan keindahan.

Malang, 2 Ramadhan 1431 H
12 Agustus 2010 M