السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Senin, 07 Januari 2008

KENAPA HARUS ADA CEMBURU



Halimi Zuhdy

Cemburu adalah sifat yang dimiliki manusia, dan cemburu merupakan hal yang alamiyah yang melekat pada manusia, meskipun kadar kecemburuan itu berbeda namun setiap manusia dihinggapi rasa itu. Kadang rasa cemburu itu berlebihan (khulugh) sehingga membuat sipencemburu gila, stres, pemarah bahkan tidak mengenal aturan, ini yang akan membawa pada kehancuran dan ketidak setabilan hidup. Ada juga seseorang yang memiliki rasa cemburu tapi sedang-sedang saja, sesuai dengan situasi dan kondisi, kecemburuannya akan membawanya pada keindahan dalam hidupnya. Juga ada orang yang sangat lemah rasa kecemburuannya, ini bisa membawa pelakunya pada kebinasaan dirinya dan juga dapat mencelakainya.
Sifat cemburu kalau dalam hal positif sangatlah dibutuhkan dan bahkan wajib, ia akan menjadi tameng, seperti cemburu dalam agama dan keluarganya. Seperti, ia cemburu jika agamanya diinjak-injak,dilecehkan bahkan dihina. Maka, jika ia adalah seorang pencemburu pada agamanya, ia akan menyelamatkan agamanya sesuai dengan kemampuannya, meskipun nyawa sebagai taruhannya. Hal sudah dibuktikan oleh Rasulullah saw, karena demi agama yang mulya itulah Rasulullah dalam hidupnya tidak pernah sepi untuk berperang sehingga ia mampu mengangkat kalimatullah hanya karena kecemburuannya. Karena ia tidak mau agamanya diinjak-injak, dihina dan bahkan dilecehkan. Dan karena Rasul sangat pencemburu pada sahabatnya dan keluarganya, ia tidak mau mereka masuk dalam kobaran api neraka, ia tidak ingin para sahabatnya melakukan hal-hal yang jauh dari syariah. Allah swt juga sangat pencemburu, bahkan lebih pencemburu ketimbang manusia, karena sangat sayangnya Allah sama manusia, dia sangat murka jika melakukan hal-hal diluar aturanNya, dia berjanji untuk memasukkan ke Neraka Jahannam, jika hambanya memilih selain-Nya, membuat kekasih selain-Nya, bahkan membuat tuhan selain-Nya apalagi tidak mengakui keberadaan-Nya yang telah menciptakakan.
Sedangkan kecemburuan yang berlebihan adalah cemburu diluar kendalinya sampai pada taraf shu'ud dhan ini yang dilarang oleh agama, sehingga sangat banyak orang yang saling membunuh tanpa ada bukti yang nyata. Seperti seseorang mencintai kekasihnya, dan melihat kekasinya bersenang-senang dengan orang lain, maka ia akan bertindak, jika dia seorang pencemburu tanpa rasionalitas maka ia langsung akan membunuhnya, tapi jika dia seorang pencemburu tapi masih dalam garis-garis sayariat maka ia akan memberikan pelajaran dan mungkin keduanya akan diperingatkan, tidak harus ada tindakan yang sampai melampaui batas.
Tulisan ini berangkat dari sms istriku Sayyidah Hafshoh, bunyinya demikian " Saya pingin terus SMS sama jenengan, sampai mau habis lagi pulsanya, barusan Fulanah ke kamar, mengapa umah masih selalu ingat hubungan jenengan sama beliau, sakit hati nih, mungkinkah saya cemburu? Dalam sms ini ada pertanyaan mungkinkan saya cemburu? Mungkin saja, karena kenangan seseorang itu akan selalu mengingatkannya pada masa-masa yang telah dilewatinya, apalagi dalam kondisi yang tidak setabil, meskipun kenangan itu sudah kusam maka ia berusaha untuk mengangkatnya demi untuk menyatakan keberadaan cintanya. Terkadang seseorang yang lagi bercinta, jika ada orang lain diantara keduanya, maka sifat cemburu itu akan membeludak, mengapa? Karena di sana ada cinta, cinta adalah memilki, entah memiliki hanya, tubuhnya dan ruhnya. Kata beberapa orang cinta tidak harus memiliki, kalau cinta tidak memiliki itu bukan namanya cinta tapi penghianat cinta, mengapa karena tidak ada sesuatu dalam dirinya. Kalau ia benar-benar cinta maka dala pikirannya ada dia, hatinya ada dia, dan selurh geraknaya dipenuhi oleh dia. Ini namanya memiliki. Kalau saya mencintai Allah dan Rasullanya, apakah Allah harus selalu bersama saya (secara dhahir) dan Rasulullah selalu menemani saya? tidak. Kerena ketidak tampaan itulah, yang membuat ujian cinta. Kalau seseorang yang kita cintai sudah ada didepan mata dengan tubuhnya yang seksi, ini wajar saja! Mengapa, karena ia tampak. Tapi sesuatu yang tidak tanpak ini yang sulit untuk menguraikan cinta apalagi harus bercinta dengan keghaiban. Maka, cinta haruslah memiliki……!!!!

Mungkin karena cinta dan kerinduan itulah yang membuat seseorang harus cemburu, meskipun dia tidak tampak. Kemudia saya membalas sms tersebut, "Apa yang harus jenengan cemburui, hati saya sudah tertutup jenengan, sudah penuh dengan cinta sama jenengan, tak ada ruang untuk orang lain. sayang, abi gak pernah nangis karena rindu ,kecuali detik-detik ini ,hati selalu berteriak memanggil jenengan. sayang, abi sudah cukup dengan jenengan. Seandainya jenengan tahu apa yang ada dalam hati abi saat ini, jenengan akan menangis. Abi sangat mencintai jenengan. Kalau jengan cemburu, abilah yang paling cemburu sama orang-orang yang jenengan pernah cintai dan mencintai jenengan, apalagi sampai ada cincin yang melekat di jari-jari jenengan. mah, apa cincin itu masih ada?.mah, jenengan gak usah mikir macam-macam.Abi utuh milik jenengan. Semua orang punya sifat cemburu termasuk saya, dan itu tidak salah, karena ia akan mampu untuk menjaga diri saya untuk melakukan sesuatu sehingga akan teringan istri, demikian juga dia, karena melihat kecemburuan itulah dia juga takut akan melakukan diluar kehendak suaminta. Namun, kecemburuan ini, harus diikat dengan iman dan takwa, dan tidak melampaui batas (ghuluw), jika sudah pada taraf ghuluw, maka bukan lagi ketentraman dan keindahan yang akan tercipta tetapi malapetaka. Jika sedikit-sedikit muncul rasa cemburu, kemudia kapan rasa bahagianya. Kemudian ia membalas demikian Maaf ge sayang, cincinnya sudah hilang, seperti hilangnya masa lalu, karena telah hadir lentera dalam kehidupan saya, yang telah memberi sinar dalam hidup untuk mencari RidhaNya, saya sangat takut kehilangan jenengan. Melihat dari kalimat-kalimat tadi kecemburuannya bukanlah hal jelek tetapi karena ketakutan akan hilangnya orang yang dicintai sehingga bayangan-bayangan masa lalu tanpak memenuhi pikirannya. Maka saya balas demikian : Sayang kita tidak boleh bergerak di tempat,AYO KITA RANCANG HIDUP KITA, tuliskan, untuk masa depan. Masa lalu hanyalah pelajaran, hari ini adalah kenyataan, besok impian. HILANGKAN MASA LALU. Kita hilangkan masa lalu dengan bergerak menuju masa yang akan datang. Mengapa? jika kita hanya termenung menyaksikan masa lalu maka kita tidak akan pernah bangkit, jika kita menyaksikan masa lalu dengan kemegahan maka kita hanya dapat berkhayal dan beresktasi dengannya. Jika yang kita ingat masa lalu adalah hal yang jelek maka kita hanya bisa menangis meraung-raung tanpa ada perbaikan. Maka, bergerak ….bergerak….adalah lebih baik menyongsong masa depan dengan merancangnya, dan melakukan aktifitas hari ini dengan penuh semangat, dan melihat masa lalu kalau ia jelekadalah sebagai pelajaran, tapi kalau baik itu sebagai ibroh khairiyah sehingga kita mampu belajar lebih banyak. (Riyadh)

Sabar ya sayang. disinilah kita bisa menikmati rasa rindu
yang dikaruniai oleh Allah, memberi pelajaran tentang kehidupan,
Umah selalu berdoa semoga jenengan kuat menghadapi ini semua.
Sabar..ya sayang.!!! (Sayyidah Hafsoh) 15/11/2007


Sayang, dunia ini penuh dengan keindahan, maka rengkuhlah ia
Dengan seluruh cinta dan kerinduan
Maka ia akan membawa kita pada surga yang penuh kenikmatan,
Cinta dan kerinduan pada Allahlah yang sungguh menyenangkan,
Ingat sayang, Allah sangat pencemburu, maka jangan sampai Dia cemburu pada kita
karena cinta kita , sehingga melupakan cinta pada-Nya. (Halimi Zuhdy) 15/11/200