السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Selasa, 25 Juli 2023

Buyuk Age Amasya, Madrasah Pertama di Dunia dengan Bangunan Oktagonal

Halimi Zuhdy

Ilal liqa' Cappadocia. Setelah saya menikmati berbagai suguhan di Cappadocia, teh dan kopinya, sesekali menikmati roti Simit, yang berbentuk bunder dengan warna luarnya coklat, bisa dicolek dengan keju atau juga dengan daging sapi, dan tidak lupa menyeruput teh Turkinya. 

Kali ini, saya menuju Kota Amasya. Amasya adalah sebuah kota yang mempesona di Turki dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan warisan penuh sejarah. Perjalanan dari Cappadocia menuju Amasya, pertama menuju kota Nevşehir, yang merupakan kota terdekat dengan Amasya, kemudian menuju Kayser, rute ini benar-benar memanjakan mata dengan keindahannya dan suasana pedesaan Turki.
Pertama kali yang saya kunjungi setelah sampai ke kota Amasya adalah Madrasah Buyuk Age, atau lebih dikenal dengan Büyük Aga Medrese. Medrese adalah sekolah agama Islam. Saya coba cari tahu, apa keunikan Madrasah ini (sekolah)?. Saya lihat papan-papan informasi tentang sejarah Buyuk Aga, belum saya temukan. Setelah masuk, di pintu depan saya hanya menemukan beberapa puisi tentang Amasya Destani (Epik Amasya), Ey Türk Gençliği! (Wahai Pemuda Turki!), dan Istiklal Mars (Lagu Istiklal). 

Dan baru saya temukan sedikit keterangan tentang madrasah ini di depan pintu keluar. Di papan berwarna hitam tertulis nama, pendiri dan tahunnya. Büyük Ağa atau Kapı Ağa Medrese terletak di pusat kota Amasya, Turki, di tepi utara Yeşilırmak, tepat di seberang sungai dari kompleks Masjid Bayezid II. Dibangun pada tahun 1489/894 H atas perintah Hüseyin Ağa, perwira senior dan kepala kasim di istana Ottoman, pada masa pemerintahan sultan Ottoman Bayezid II .
Madrasah ini memiliki denah oktagonal unik yang pertama kali digunakan di gedung ini. Untuk membedakan dengan madrasah klasik Ottoman. Dan bangunan ini terdiri dari ruang-ruang santri (pembelajar), masing-masing ditutup dengan kubah kecil, mengelilingi halaman bertiang segi delapan. Ruang kubah terbesar digunakan sebagai ruang kuliah utama dan sekarang untuk pelatihan pemuda setempat menjadi hafız . 

Büyük Ağa Medrese adalah salah satu bangunan bersejarah yang menakjubkan di Amasya, Turki. Medrese ini mencerminkan keindahan arsitektur dan sejarah kota yang kaya. Bangunan ini dibangun dengan menggunakan batu alam setempat yang memperkuat kekokohan arsitekturnya dan memberikan daya tarik tersendiri. Selama masa berdirinya, medrese ini menjadi tempat berkumpulnya para cendekiawan, siswa, dan guru, yang berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan, seni, dan budaya di wilayah Amasya. Dan sebagai lembaga pendidikan agama Islam yang mengajarkan Al-Qur'an, hadis, fiqh (hukum Islam), bahasa Arab, dan ilmu-ilmu lainnya. 

Selain sebagai lembaga pendidikan, madrasah ini juga berfungsi sebagai pusat kegiatan budaya dan seni. Dalam suasana yang inspiratif, seniman dan sastrawan sering berkumpul di madrasah ini untuk menyegarkan diri dan berdiskusi tentang isu-isu keagamaan dan sosial.
Büyük Ağa Medrese menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Amasya. Selain karena keunikan bangunannya, juga menjadi tempat belajar Al-Qur'an sebagai sekolah menghafal Al-Qur'an. Pengunjung dari dalam dan luar negeri datang untuk mengagumi keindahan arsitekturnya, menjelajahi sejarahnya yang kaya, dan merasakan atmosfer budaya yang khusus. Saya memasuki beberapa kamar, sangat terasa sekali, bahwa tempat ini tempat menempa ilmu-ilmu agama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar