السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Minggu, 11 Juni 2023

Asal Kata Lalat dalam Bahasa Arab (Dzubab)


(Menilik Falsafah Lalat)

Halimi Zuhdy

Lalat dalam bahasa Arab disebut dengan Dzubab (ذُباب 🪰). Dzabbu (الذَّبّ) secara bahasa adalah menolak (الدفع), mencegah (المنع) dan mengusir (الطرد). Mengapa dinamakan Dzubab, karena setiap ia ditolak atau diusir, ia selalu kembali.
- وسُمي الذُباب 🪰 بذلك لأنه كلما (ذُبَّ) أي (دُفِعَ ومُنِع) رَجَعْ.
Lalat selalu dianggap makhluk yang menjijikkan, karena hidupnya pindah dari satu kotoran ke tempat kotoran lainnya. Makhluk ini selain dianggap menjijikkan, juga mengandung banyak penyakit, bahkan makanan-makanan selalu ditutup bila ia hadir. Kemudian diusir sejauh mungkin. Tetapi uniknya makhluk ini termaktub dalam Al-Qur'an;

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوْا لَهٗ ۗ اِنَّ الَّذِيْنَ تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللهِ لَنْ يَّخْلُقُوْا ذُبَابًا وَّلَوِ اجْتَمَعُوْا لَهٗ ۗوَاِنْ يَّسْلُبْهُمُ الذُّبَابُ شَيْـًٔا لَّا يَسْتَنْقِذُوْهُ مِنْهُۗ ضَعُفَ الطَّالِبُ وَالْمَطْلُوْبُ  

 “Wahai manusia! Telah dibuat suatu perumpamaan. Maka dengarkanlah! Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah tidak dapat menciptakan seekor lalat pun, walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, mereka tidak akan dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Sama lemahnya yang menyembah dan yang disembah” (QS Al-Hajj [22]: 73).

Allah tidak malu membuat perumpamaan lalat, ia makhluk yang sangat luar biasa, walau banyak orang yang meremehkannya. Ia mampu mengepakkan sayapnya 200-400 kali, ia bisa bermanuver sangat cepat melebihi kapal tercanggih mana pun. Ia mampu melahirkan banyak lalat-lalat lainnya. Mampu berpindah sampai 10 kilometer. Mempunyai sayap yang cukup dahsyat. Dan kelebihan lainnya, oh ia dalam penelitian, mata lalat ada dua dan masing-masing mata memiliki kurang lebih 4000 lensa yang mampu melihat hampir ke segala arah. 

Dalam falsafah Arab, lalat seringkali digunakan sebagai simbol atau metafora untuk menggambarkan beberapa konsep dan pandangan hidup. Kebersihan dan Pemurnian, meskipun lalat sering dianggap sebagai serangga yang tidak hygienis, konsep kebersihan juga terkait dengan lalat dalam pemikiran Arab. Dalam konteks ini, lalat dapat dianggap sebagai metafora untuk mencapai pemurnian dan penyucian diri secara spiritual. Seperti halnya lalat yang membersihkan dirinya dengan bulu-bulu halusnya, manusia diharapkan untuk membersihkan hati dan jiwa mereka dari kejelekan dan kesalahan.

Dan uniknya, lalat dikenal sebagai serangga yang sangat higienis. Mereka memiliki perilaku yang khas dalam menjaga kebersihan tubuh mereka. Lalat menggunakan bulu-bulu halus yang terdapat pada tubuhnya untuk membersihkan dan merapikan diri. Mereka juga sering menggosokkan kedua kakinya untuk membersihkan dan menghilangkan kotoran yang menempel pada tubuhnya.

Maka, sekecil makhluk yang namanya lalat, dan selalu dinggap menjijikkan, tetapi ia adalah makhluk yang sangat luar biasa. Bagaimana dengan diri kita yang dianggap makhluk sempurna (ahsani taqwin), tapi kalau tidak menggunakan akal, pikiran dan tidak berakhlak, maka mungkin lebih jelek dari yang namanya lalat, kalau lalat hinggap di kotoran ke kotoran (dunia), tapi bagaimana kita pindah dari kotoran atau bahkan membuat kotoran menuju kotoran lainnya?!. Ya Allah, jaga kami ya Rabb.

معجم الأخطاء المعاصرة 📚

Tidak ada komentar:

Posting Komentar