السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Kamis, 30 Maret 2023

Menganalisis Kata Takjil

Menelisik Kata Takjil 

Halimi Zuhdy

Kata Takjil (تعجيل) seringkali kita dengar ketika  bulan Ramadan saja. Dan kata ta'jil diartikan sebagai makanan pembuka berbuka puasa. Tapi, kalau kita analisis kata ini lebih jauh, kata ta'jil digunakan dalam banyak kegiatan ibadah dalam Islam bukan hanya dalam ibadah puasa saja. 

Ta'jil adalah melakukan sesuatu pada waktu yang dijadwalkan, atau melakukannya di awal waktunya. Seperti mengeluarkan zakat pada waktunya, dan orang yang berwudhu bersegera sholat di awal waktunya, dan jamaah yang bersegera keluar dari Mina. Dan dalam puasa, ta'jil adalah berbuka puasa pada saat adzan maghrib, atau bersegera berbuka puasa. Jadi, ta'jil bukan makanan pengantar berbuka (secara bahasa dalam bahasa Arab), tapi adalah menyegerakan berbuka puasa. 

Ta'jil (تعجيل) secara bahasa adalah bersegera (al-isra') , seperti kalimat "ta'ajjalaj syakhsu"  seseorang bersegera, yaitu: bersegera dan melakukan sesuatu sebelum waktunya, yaitu cepat-cepat dan meminta dengan segera. Dan kata 'ajalah (العجلة) bermakna tergesa-gesa, antonimnya adalah bathu (البطء) kelambatan, penundaan dan jeda, dan artinya: kecepatan. Kata yang memiliki asal kata yang sama seperti a'jlah (roda, sepeda), ajil (cepat, dunia). 

Ta'jil adalah kejadian atau perbuatan yang tidak memiliki keterangan waktu, tempat dan subjek  (masdar). Dalam bahasa Arab kata Ta'jil berarti "penyegeraan" atau "pemercepatan". Asal-usul kata ta'jil berasal dari akar kata ع ج ل (ʿ-j-l) yang memiliki arti "cepat" atau "segera". Kata-kata turunan dari akar kata ini, seperti aajil (عاجل) dan ajlah (عجلة), juga memiliki arti yang sama dengan ta'jil, yaitu "cepat" atau "segera".
Secara keseluruhan, ketiga kata ta'jil, aajil, dan ajlah memiliki hubungan yang erat dengan konsep "cepat" atau "segera" dalam bahasa Arab. Asal-usul beberapa kata di atas berasal dari akar kata yang sama, yaitu ع ج ل (ʿ-j-l), yang memiliki arti dasar "cepat" atau "segera".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar