السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Selasa, 02 Agustus 2022

Cara Mendeteksi Orang Baik atau Buruk


Halimi Zuhdy

Cara mendeteksi seseorang apakah ia orang baik atau tidak, sangat mudah sekali ditebak. Untuk mengetahuinya tidak harus ke tukang ramal, dukun, apalagi ke tukang santet. Atau mendatangi tukang  terawang yang melibatkan jin atau gendruwo. Cukup lihat apa yang dikatakan, sorot matanya, dan tentu saja perilakunya.
Mudahnya begini; lihatlah bagaimana ia membicarakan orang lain padamu, jika membicarakan kejelekan seseorang, maka dirinya tidak jauh dari apa yang dibicarakan. Kalau yang ia hadirkan kebaikan orang lain padamu, maka ia orang baik. Karena tidak mungkin air mengeluarkan bara, dan panas memuntahkan air. Pula, seperti orang menunjuk pada orang lain, maka jari jempolnya adalah dirinya".

Sebagaimana yang dikatakan Imam Syafi'i;

‏ومَن نقَل إليك نقَل عَنك

“Barangsiapa yang mengabarkan kejelekan orang lain kepadamu, maka ia akan melakukan hal yang sama padamu (akan mengabarkan kejelekanmu kepada orang lain)”

Hanya terkadang cari kesempatan saja kapan ia menusuk. Kalau sudah ada kesempatan yang menguntungkan dirinya, maka ia akan menusuk dengan indahnya. 

Tapi, harus lihat-lihat dulu. Seberapa sering ia datang mengghibah orang lain padamu, kalau hanya sesekali dan sepertinya ada indikasi benar, maka tidak cukup menilainya sebegai orang tidak baik. Karena berita buruk, tidak selamanya benar-benar buruk, bisa saja ada kebaikan di dalamnya. 

Kalau ada orang datang membicarakan kejelekan saudaranya, temannya, atau sahabatnya, maka hati-hati bisa saja ia lagi iri atau dengki pada mereka. Atau ia sengaja melihat responmu!?. Bila bersepakat atas kejelekannya, maka suatu saat pembicaraanmu akan direkam dalam pikirannya, dan akan dikabarkan padanya. 

Allahu'alam bishawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar