السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Rabu, 01 Juni 2022

Apa Satuan Berat dalam Amalan Akhirat?

Makna Dzarrah dalam Al-Qur'an

Halimi Zuhdy 

Seorang bijak berkata; satuan berat dalam besi adalah ton, emas dengan gram, berlian dengan karat, dan buah-buahan menggunakan kilogram. 
Bagaimana dengan amalan akhirat? Amalan akhirat menggunakan dzarrah (ذرة), tidak menggunakan ukuran berat dengan satuan ton, gram, karat atau gram. Seperti dalam Ayat;

 فَمَن یَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ خَیۡرࣰا یَرَهُۥ 💓  وَمَن یَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةࣲ شَرࣰّا یَرَهُۥ 

"Maka barangsiapa mengerjakan kebajikan seberat żarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya💓
Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat żarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya". 

 Apa makna dzarrah?
Dalam Al-Washit lil Thanthawi

 " المثقال " مفعال من الثقل ، ويطلق على الشئ القليل الذى يحتمل الوزن ، و " الذرة " تطلق على أصغر النمل ، وعلى الغبار الدقيق الذى يتطاير من التراب عند النفخ فيه . والمقصود المبالغة فى الجزاء على الأعمال مهما بلغ صغرها ، وحقر وزنها .

kata Dzarrah diartikan dengan semut yang sangat kecil, juga diartikan dengan debu yang sangat halus yang terbang ketika ditiup. 

Mistqal diartikan ukuran berat, dan dzarrah adalah berat sesuatu. Dan ulama berbeda pendapat dalam memahami kata dzarrah, di antaranya adalah biji khardalah dan debu yang terbang di udara pendapat tsa'labi. Semut merah, menurut iklimah. Semut yang paling kecil, pendapat Ibnu Faris dan Qutaibah. Dan beberapa pendapat lainnya. Intinya adalah satuan berat, atau ukuran berat yang sangat kecil. 

Kata dzarrah,.menurut beberapa pendapat ulama, adalah ukuran yang sangat kecil hanyalah sebuah penggambaran, saking kecilnya. 

Maka, amalan akhirat yang dilakukan seseorang sekecil apa pun tidak akan pernah disia-siakan. Akan dibalas dengan mahal dan balasannya adalah sorga. Kata seorang bijak, " berat disesuaikan dengan barangnya, dan barang Allah sangat mahal sekali, dan ingatlah bahwa barang (komoditas, benda, barang) Allah balasannya adalah surga" 

الوزن على حسب السلعة, ألا إن سِلعة الله غالية ألا إن  سلعة الله الجنّة

Marja'
-Al-Washit Li thantawi
-Al-Muyassar
-Al-Ma'ani
- Tarikhuna al-adhim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar