السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Jumat, 24 Desember 2021

Keunikan dan Keistimewaan Bahasa Arab

Halimi Zuhdy

Bahasa Arab terpilih menjadi bahasa wahyu (Al-Qur'an), dan bahasa Arab akan terus bertahan (ada di muka bumi) selama Al-Qur'an masih ada. Bagaimana dengan pembelajarannya? ia juga akan terus berubah, sama seperti bahasa yang lain. Sedangkan ketahanannya sudah terbukti. 

Bahasa Arab adalah bahasa tertua di muka bumi dan sampai hari ini masih terlihat segar bugar, ada perbedaan di kalangan peneliti  tentang usia bahasa ini; tetapi tidak kita ragukan bahwa bahasa Arab yang kita gunakan saat ini sudah hidup selama lebih dari seribu enam ratus tahun (1600). 
Bahasa Arab sebagai bahasa tertua dengan berbagai keistimewaannya dari aspek strukturnya, morfologi, tata bahasa, kesusastraan, serta imajinasinya, di samping kemampuan bahasa Arab dalam mengungkapkan berbagai aspek kehidupan. Dan bahasa ini juga menjadi induk (ibu) dari berbagai bahasa, diwakili oleh Himyarite (الحميرية), Babilonia, Ibrani, Aram, Abyssinian, atau bahasa Semit, yang berasal dari putra-putra Nabi Nuh, saw : Sem, Ham, dan Yafet. 

Bahasa Arab telah mampu mengakomodasi berbagai peradaban; Arab, Persia, Yunani, dan India, dan yang sezaman dengannya pada waktu itu, dan menjadikannya satu peradaban, watak global, visi humanistik, untuk pertama kalinya dalam sejarah. 

Bahasa Arab dicirikan oleh kemampuannya untuk beradaptasi dan berkreasi dalam berbagai ilmu pengetahuan: seperti teknik, aljabar, kedokteran, seni, dan eksperimen ilmiah, di samping kreativitas yang telah dicapai di bidang sastra dan kepenulisan, di mana banyak sarjana telah mampu menulis beberapa buku dalam seni yang berbeda, dan di antara contoh yang paling menonjol dari gaya ini adalah buku ulama Yaman Ismail bin Abi Bakr bin Al-Muqri.

Keistimewaan lainnya; bahasa Arab digunakan lebih dari 422 juta orang. Tidak berubaha selama 14 Abad. Menjadi bahasa ke 5 yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa resmi dari 22 negara di dunia. Satu-satunya bahasa di dunia yang mempunyai huruf dhat (ض), maka bahasa ini dikenal dengan bahasa Dhat. Jumlah kata terbanyak di dunia, yaitu 12.302. 912. Memiliki 16 ribu akar kata (dibandingkan dengan bahasa lainnya, 700 akar kata (جذر لفوي). Dan banyak bahasa yang menggunakan huruf Arab seperti; bahasa Kurdi, Melayu, Pegon Jawa, Persia, Turki kuno dan lainnya. 

*******
Seminar Bahasa Arab di Pondok Pesantren Pondok Pesantren Annuqayah dengan tema "Tajdid Ta'lim al-Lughah Al-Arabiyah min Khilali Al-Jaihah" dalam rangka ihtifal Al-Yaum Al-Alai Lil Lighah Al-Arabiyah

Syukran lakum Ya Al-Ma'had Al-Ariq

Cc ustadz ghali Sudarmin Hamzah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar