السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Senin, 10 Agustus 2020

Mengapa Diberi Nama Lebanon?

Mengapa Diberi Nama Lebanon?

Halimi Zuhdy

Setiap nama yang tersemat pada suatu benda, seseorang, negara, kaum atau apa pun pasti ada sejarah yang melatarbelakanginya.

Saya menelusuri nama "Lebanon" karena beberapa hal, yang pertama karena lagi menjadi perbincangan dunia, baik dari sisi politik, agama, keamanan, apalagi ada seruan revoluasi yang lagi digaungkan. Kedua, sempat disebut-sebut sebagai swissnya Timur Tengah sebelum peperangan melanda yang kemudian memporak-porandakan keindahan dan keamanan negara ini. Beberapa hari kemarin terjadi ledakan dahsyat dengan menewaskan banyak ratusan orang, ribuan luka-luka, penyebabnya masih simpang siur, serta menyebabkan Perdana menteri negara ini mundur. 

Selanjutnya, negara ini dulunya disebut negeri Syam ( Bilad Syam) selain Palestina dan Yordania. Dan kapan berubah menjadi Lebanon?. Ini akan menjadi tulisan terndiri.

Dan uniknya, negara ini memiliki penulisan nama yang cukup banyak, dari Liblana, Liblani, Niblani, Lubnani, Robran, Romnan, Lubnani, Lubnan, Libnun, Libanus, Liban, Libanan. Walau penulisan dan penyebutan ini dari bahasa yang berbeda (Aramiyah, Ibrani, Turki, Arab, Prancis, Babilonia, dan Yunani).

Mengapa Indonesia menyebutnya dengan Lebanon, sedangkan bahasa Arabnya adalah Lubnan? Sabar ya, nanti saya akan kupas sedikit (tidak tuntas, agar penasaran).he. 

Orang Arab menyebut Lebanon dengan Lubnan (لبنان) yang dalam beberapa Maqalah an Tarikh, disebutkan kata ini berasal dari akar bahasa Semit "LBN" dalam bahasa Arab "Lam Ba' dan Nun" yang erat dengan kata Labana (لبن) dan Labanun (لبن), yang bermakna susu dan putih. 

Maka dalam Tafasir al-Ma'ani, ada tiga alasan nama ini disematkan, pertama karena gunung  yang membentang dari sungai besar di utara pegunungan Lebanon, hingga perbatasan tanah Palestina di selatan berpuncak salju (yang berwarna putihh). Ada pula yang menyebutkan, karena bau harum (Arraihah  Adzzakiyah), yang berasal dari pohon bukhur, yang dalam bahasa kuno adalah Allabni (Latin; Libanos, Inggris; Styrax Officinale), ada pula yang menyebut pohon Arruz yang bauhunya sangat harum menyebar di Lebanon. Selain di atas ada yang menyebutkan, kata Lubnan berasal dari bahasa Suryani Lub Anan yang bermakna Qalbullah  (Jantung Tuhan).

Sedangkan dalam Al-Maudhu' 
Lebanon disebutkan dua belas kali dalam Epic of Gilgamesh (Malhamah Galgamisy) dan tercantum dalam  monumen Ebla pada pertengahan abad ketiga SM, dan nama ini disebut  berkaitan dengan beberapa kata seperti:
Kata "Al-Lubna", yang berarti "dupa, Albakhur", atau "pohon rempah". Ini karena hutannya yang harum juga pepohonannya. Kata "Labn" dalam bahasa Semit, yang artinya putih (Abyadh); karena warna putih salju yang berada di pegunungan Lebanon.

 Kemudian, pada tahun 1920 M, Lebanon disebut Negara Lebanon Besar (Lubnan al-Kabir), dan pada 1943, setelah kemerdekaannya, disebut Republik Lebanon (Aljumhuriyah Al-Lubnaniyah).

Allah 'alam Bisshawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar