السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Minggu, 22 Maret 2020

Menelusuri Kata "Wabah". (Endemi, Pandemi, Epidemi, al-Wabah, al-Jaihah)

Halimi Zuhdy

Dunia benar-benar diharuskan menyepi sementara waktu, dengan waktu yang tidak bisa diprediksi, di Indonesia menyepi 14 hari atau bahkan bisa lebih dari itu. Dan negara ini, hari ini, termasuk katagori kematian pemyebab virus korona tertinggi di dunia mencapai 227 kasus dengan 19 kematian dan 11 pasien sembuh.
Ada istilah yang kemudian menjadi populer di dunia, khususnya di Indonesia yaitu wabah dan pandemi. Istilah wabah yang populer di Indonesia, diikuti dengan istilah lain ada epidemi, pandemi, endemik. 

Istilah "Wabah" berasal dari bahasa Arab yaitu "al-Waba' ". Dalam kamus KBBI Wabah adalah penyakit menular yang berjangkit dengan cepat, menyerang sejumlah besar orang di daerah yang luas (seperti wabah cacar, disentri, kolera). Wabah juga berarti epidemi. Sedangkan "waba' " (الوباء) dari kata wabia-yaubiu-waba'a. وبئت الارض اي كثر فيها الوباء. Penyakit yang menyebar luas. Tidak jauh berbeda dengan arti wabah dalam KBBI. 

Dalam kamus Ma'ani arti al-Waba' adalah:
كُلُّ مرضٍ شديد العدوى، سريع الانتشار من مكان إلى مكان يصيب الإنسان والحيوان والنّبات، وعادة ما يكون قاتلاً كالطّاعون كثيرًا ما تنتشر الأوباءُ بعد الحرب.

Namun "al-waba'"  adalah kata yang digunakan pada semua aspek atau tingkatan atau jangkuan penyakit baik lingkup kecil atau lingkup besar. Misalnya al-waba' fi al-Qaryah (ada wabah di desa), al-waba' al-mustauthin (wabah yang menyerang suatu negeri). 
Sedangkan dalam bahasa Indonesia, wabah atau epidemi, memiliki tingkatan, ada endemi (Penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat) dalam bahasa Arab disebut  al-maradh al-mustauthin (المرض المستوطن). Pandemi (adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas) dalam bahasa Arab disebut dengan al-Jaihah, suatu penyakit yang menglobal. 

Dalam pernyataan khusus pada Surat Kabar al-Jazirah Dr Mohamed al-Dasuki, Konsultan  Penyakit dalam bahwa al-waba' (epidemi) adalah munculnya kasus penyakit menular di suatu negara atau sekelompok negara tetangga kecil, dan menyebar dengan cepat di antara banyak orang. Adapun al-Jaihah (pandemi), itu adalah munculnya kasus penyakit menular di sebagian besar negara di seluruh dunia, dan sulit  mengendalikannya, yang mengancam kesehatan manusia dan membutuhkan tindakan medis dengan cepat,  Korona masuk kategori ini. 

Namun, secara umum, wabah dan al-waba' memiliki kesamaan arti, adalah sebuah penyakit yang menyebar luas. 

Malang, 18 Maret 2020

Sumber: 
-KBBI
-Mu'jam Al-Ma'ani online
-el-Jazirah
-el-qamus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar