السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Rabu, 07 Maret 2018

BELAJAR BAHASA ARAB DI ERA DIGITAL

Halimi Zuhdy
IG: @halimizuhdy3011
Hari ini (5/3/2018), Saya dan Dr. Abu Aiman Al-Qomary sebagai pemateri Seminar Kebahasaan di acara  @sahara PBA UIN Sunan Gunung Jati Bandung, materinya cukup penarik, mengangkat tema "Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Arab di Era Digital".

Sebuah Era, dimana,  jarak tak lagi menjadi penghambat, guru dan kelas bukan lagi satu-satunya. Digit, menjadi penentu keberhasilan, dalam banyak hal; bisnis, politik, demikian juga pembelajaran bahasa. Era ini, sudah tidak mampu dibendung dengan kekuatan apapun, bagi yang menghamba, maka ia akan menjadikannya Tuhan. Lihatlah, dimana-mana, manusia, sudah menjadikan WA, FB, TW, YT, sebagai teman 24 jam. Jaringan internet, sudah paling dicari, kehilangan sinyal seperti kehilangan anak, teman dan orang yang dicintai. Mudah-mudahan, hal ini belum seserius kata teman saya, "Era Digital, sudah mengakar kuat, Tuhan pun, kalah pada sinyal". Na'udzubillah. Tetapi, dapat dicari sisi positifnya, untuk hal-hal positif. 


Dalam pembelajaran bahasa di Era Digital, menjadi kabar gembira, khususnya pembelajar bahasa Arab. Bahwa, siswa/mahasiswa bisa belajar bahasa Arab 24 jam, sudah tidak mengenal tempat dan waktu, kapan dan dimana pun berada, dapat belajar dan mengakses informasi lebih cepat tentang bahasa Arab. Media sosial, sebagai komunikasi berbahasa, sharing dan berbagi pengetahuan bahasa, belajar kosa kata, dan juga memecahkan problem dengan cepat;kamus online dll. 

Demikian juga dengan guru; memberi PR, mengakses metode terbaru, membuat kelompok belajar 24 jam lewat blog, web, fb, wa, dll. Bagi orang tua, juga dapat memantau anak belajar lewat program tertentu, mengetahui nilainya, perkembangannya, foto2 aktifitas dan lainnya. 

Guru/Dosen dapat memberi alamat web kepada murid untuk meng-test dirinya, agar tahu kemampuannya, seperti; (1) http://www.test-arabic.com/sample-test/skill, atau (2) http://gg.gg/arab-menengah, dan ratusan website lainnya. Untuk belajar 4 maharah (skill), dapat mengakses; (1) www.arabicpod101.com, (2) www.schoolararabia.net/arabic/, (3) www.arabic-online.net, (4) www.learning.aljazeera.net. dll. Untuk mengakses buku pembelajaran bahasa Arab; (1) https://download-language-pdf-ebooks.com/139-1-library-books, (2) http://dlib.nyu.edu/aco/browse/?page=1 (3) http://dlib.nyu.edu/aco/browse/?page=1 (4) https://t.me/arabic17 dll. 
Metode, teknik, gaya terbaru, pembelajaran untuk penutur asing (1)www.daleel-ar. com. (2) https://www.new-educ.com/1-اوفيس-ريمارك.
daleel-ar.com (3)weziwezi.com/طرق-تعليم-اللغة-العربية-للأطفال/. dl
Mengenal penyair Arab dan potongan kasidahnya; IG @puisi_arab, www.sastrahalimi.blogspot.com dll. 

Untuk mengetahui Informasi terkini tentang bahasa Arab; (1) www.m-a-arabia.com (2) www.arabicac.com dll.  Belajar gaya, intonasi, tekanan suara, dan langkah-langkah cepat berbahasa; https://www.youtube.com/user/Aanadel dll

Revoluasi digital ditandai dengan kemampuan untuk mentranspormasikan semua bentuk informasi, teks, grafik, suara, gambar, statistik, dan gambar digital yang bergerak. Maka, guru dapat menggunakannya, sebagai media pembelajaran bahasa Arab, yang; efektif, aktif, kreatif dan menyenangkan. Dan guru memanfaatkan E-Learning dan blog, untuk meningkatkan empat maharah dan melatihnya secara terus menerus dan terukur. 

Walau sudah berada di Era ini, Guru/dosen/ustadz belum tergantikan doanya, untuk keberkahan ilmunya, disinilah pembelajaran bahasa Arab, selain mahir berbahasa juga berusaha semakin mendekat kepadaNya. Ruh Mudarris, tetaplah hal sangat penting dalam pembelajaran,  sedangkan digital membantu mempercepat akses informasi dan kemahiran berbahasa. Maka, untuk pendidik dan pelajar, tidak kemudian menggantungkan hanya kepada internet, handphone, medsos dll. _Ma'an najah, fi ashri bahjah_ Allah Ma'ana

Selamat Belajar Bahasa Arab
Bandung, 5/3/2018
✅ *Pengajar Al-Arabiyah Liahradh Khossoh BSA UIN Malang
* Pengajar TIK di PBA Pascasarjana UIN Malang