السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Selasa, 19 Mei 2009

ADA CINTA DI FACEBOOK


Halimi ZUhdy

Berkelana dalam dunia maya
Bak menyibak sejuta pusaran makna
Yang tersimpan rapi dalam juram samudera
Kadang bertemu mutiara yang berkilauan
Indah, indah sekali
Tapi, kadang berdendang dengan karang yang keras
Mencabik-cabik tubuh, darah segar berhamburan


Dua tahun terakhir ini kita seakan-akan terhipnotis oleh sebuah jejaring yang mampu membuat seseorang terekstasi di kursi berjam-jam, terperangah, tertawa, menangis dan berteriak. Bahkan hati melompat begitu jauh melampaui samudera Hindia, pikiran terbang seperti kilat, tubuh kaku dengan tangan terus mengoceh mouse dan keyboard.



Sayup-sayup saya mendengar situs ini dari mulut kemulut, begitu ramai dibicarakan di warung, pasar, supermarket, kampus bahkan di jalan-jalan! Kiranya ada apa dengan situs ini, apa mungkin ada uang seabrak atau gambar yang menghebohkan, atau dapat hadiah yang sangat besar jika sudah membuka atau berintraksi!

Agar hati dan pikiran tidak selalu berdialog, saya mencoba untuk melihat lebih dekat. Tangan saya mulai menari-nari di atas keyboard, pikiran saya konsentrasikan pada 8 huruf, saya masukkan huruf demi huruf di google, beberapa detik berikutnya bermunculan ribuan bahkan jutaan kata-kata itu, FACEBOOK luar biasa. Semakin teranglah sayup-sayup itu, nyata! Kemudian saya membisikkan rasa pada prasaan saya, ini nyata di dunia maya, ya ada kenyataan dalam kemayaan. Kadang, hanya perasaan yang membuat maya, tapi pada kenyataannya ”nyata” selalu ada dimana-mana, bahkan di dunia paling maya pun, ada kenyaan. Dan ini merupakan rahasia yang sangat rahasia, hanya orang yang punya kesaktian mampu menemukan ini. Ayo siapa?

Dialog itu saya selesaikan, pikiran dan hati pun tak lagi berdebat! Tinggal tangan ini yang sibuk dari satu huruf kehuruf lain, tuk lebih jauh memahaminya dan menjadi bagian darinya. Oyeee! Saya sudah menjadi satu dari berjuta-juta orang yang lebih dahulu terhipnotis! Bebera hari kemudian saya semakin jauh berkelana di dunia 8 kata itu, sahabat-sahabat saya semakin bertambah, dua minggu kemudian teman saya sudah mencapai tujuh ratus lebih! Dahsyat. Semakin saya masuk, semakin tersaya ada yang lain, semakin saya terbang angin semakin kencang, semakin jauh saya berlari tubuh semakin lunglai, bahkan meng-gulai. Gak tahu kenapa!

Tiba-tiba hati nuraniku (fuad) membisikkan sesuatu pada hatiku (qolb), kemudian keduanya meneriakkan sesuatu he!!! Ma hadfuka li hadza (apa tujuan kamu bermain-main dengan ini). Pikiran pun bergerak, bergerak dan bergerak, sehingga saya menukan cinta, yang saya harus berikan pada sahabat-sahabatku. cinta yang lahir dari gerak hati dan pikiran, cinta yang lahir dari gerak dan kematian, cinta yang muncul dari maya dan kenyataan. Ya..cinta!

Rohku yang berbalut jasad pun terbang ke berbagai dunia mencari teman-teman, yang sekiranya bisa berbagi cinta, cinta yang tidak berlabuh dalam angkara, cinta yang tidak bermuara pada syahwat belaka, cinta yang tidak hanya menuhankan nafsu. Tapi cinta yang dipenuhi dengan keindahan, keramahan, bahkan bernostalgia dengan keimanan, ketakwaan dan menuju haqiqat cintanya.

Tiba-tiba saya disadarkan dengan berbagai teman dan dari berbagai group yang bernuansa cinta, cinta untuk selalu mendekat kepada-Nya. Akhirnya aku benar-benar menumukan cinta walau di dunia maya. Cinta pun menjadi kenyaan walau tak tampak, karena awalnya cinta adalah maya yang kemudian bersua lewat gerak dan bernostalgia nyata :hatiku tiba berkata ”temukan hikmah dimana pun, walau dari dubur babi” dan ”temukan cinta tuk selalu mendekat pada-Nya, walau dengan dunia Maya”.

Silahkan berfacebook ria, tapi niat harus ditata dengan baik, jika tidak mampu menata niat dengan baik, waktu kita terbuang dengan sia-sia, dan Allah paling membenci orang yang menyia-nyiakan waktu.

Gasek, 17 Mei 2009