السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Selasa, 03 Juni 2008

INDAHNYA MASALAH


Halimi Zuhdy

Sungguh indah hidup ini, jika kita tahu akan hakekat keberadaan kita dan apa yang terjadi pada kita dalam setiap tarikan nafas, setiap melangkahkan kaki, setiap kerdipan mata, dan dalam setiap kesedihan dan kegembiraan. Sungguh keberadaan kita bukanlah sia-sia, dan diciptakan oleh Allah dengan bentuk yang sungguh indah dibandingkan makhluk-makhluk lainnya. Hingga dalam hal "masalah" pun ada keindahan, kegembiraan dan hikmah. Namun, sangat sedikit sekali orang yang merasakan bahwa dalam "masalah" ada banyak keindahan dan hikmah. Seandainya ia tahu bahwa dalam masalah ada keindahan, ia tidak akan lari dari masalah bahkan ia akan selalu mencari masalah untuk selalu memperbaiki dirinya.
Apakah orang tua yang penuh kasih sayang kepada anaknya, ketika ia memberikan masalah untuk dipecahkan, kemudian orang tua tersebut tidak lagi penuh kasih. Atau guru yang menguji (memberikan masalah) kepada siswanya, karena kebencian guru pada mereka. Atau seorang kekasih yang memberikan masalah untuk menguji kesetiaan, dapat disebut sadis.
Dalam Kehidupan Pasti kita sering mendapatkan permasalah, dan jujur yang datang silih berganti. permasalahan yang timbul bisa permasalahan yang berat atau permasalahan yang ringan. entah dalam permasalahan pekerjaan, bisnis, percintaan, keluarga,agama, masalah individu atau masalah lainya. Pernah suatu waktu bertanya dalam hati "katanya tuhan sayang sama saya, lalu kenapa selalu saja hidup ini berlangsung dari permasalahan satu ke permasalahan lainnya" dan saya berkesimpulan sebagai berikut.
Permasalaan yang kita hadapi bisa membuat kita jatuh atau bertumbuh, tergantung dari bagaimana cara kita menanggapinya. Sangat disayangkan banyak orang gagal untuk melihat bagaimana Tuhan menggunakan masalah untuk kebaikan mereka. Mereka lebih memilih untuk bertindak bodoh dan membenci masalah-masalah mereka daripada menghadapi dan merenungkan kebaikan apa yang bisa mereka dapat dari masalah-masalah tersebut.
Sahabat Erwin Arianto menulis, menurutnya ada lima alasan yang menurutnya mengapa Tuhan dalam memberikan masalah dalam kehidupan kita:

1. Tuhan menggunakan masalah untuk MENGARAHKAN kita. Kadang-kadang Tuhan harus menyalakan api di bawah kita untuk membuat kita tetap bergerak. Sering kali masalah yang kita hadapi akan mengarahkan kita ke arah yang baru dan memberikan kita motivasi untuk berubah. Ada kalanya masalah menjadi cara yang Tuhan pakai untuk menarik perhatian kita.
2. Tuhan menggunakan masalah untuk MENGUJI kita. Manusia bagaikan teh celup... jika anda ingin tahu apa yang ada di dalamnya, celupkan saja ke dalam air panas! Tuhan kadang ingin menguji kesetiaan kita melalui masalah-masalah yang kita hadapi.
3. Tuhan menggunakan masalah untuk MENGOREKSI kita. Ada pelajaran-pelajaran yang hanya dapat kita pelajari melalui penderitaan dan kegagalan. Mungkin waktu kita masih kecil orang tua kita mengajar kita untuk tidak boleh menyentuh kompor yang panas. Tetapi mungkin kita baru benar-benar belajar justru setelah tangan kita terbakar. Kadang-kadang kita baru bisa menghargai sesuatu... kesehatan, teman, hubungan..., saat kita sudah kehilangan.
4. Tuhan menggunakan masalah untuk MELINDUNGI kita. Suatu masalah bisa menjadi berkat jika masalah tersebut menghindarkan kita dari bahaya. Tahun lalu ada seorang sahabat yang diberhentikan dari pekerjaannya karena ia menolak untuk melakukan sesuatu yang tidak etis bagi bossnya. Ia menjadi mengganggur, tetapi justru dari masalah itulah ia terhindar dari ditangkap dan dimasukan ke dalam penjara, karena setahun kemudian tindakan boss itu terbongkar.
5. Tuhan menggunakan masalah untuk MENYEMPURNAKAN kita. Jika kita menanggapi masalah dengan cara dan pandangan yang benar, masalah tersebut bisa membentuk kita. Tuhan lebih memperhatikan karakter kita daripada kenyamanan kita. Hanya hubungan kita dengan Tuhan yang akan kita bawa sampai kekal. " ... Kita malah bermegah dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan. Apa yang ada di tangan kita? Dalam beberapa hal, hidup kita berada di tangan kita. Kita dapat memilih untuk menghamburkan setiap jam, hari, minggu, bulan, dan tahun demi kepentingan kita sendiri Kita akan heran saat menyaksikan betapa banyaknya hal yang Tuhan sempurnakan dalam diri kita dan melalui kita. Jadi sabar dan jalanilah setiap permasalahan yang kita hadapi. dan permasalahan yang timbul adalah suatu rahmat untuk kita. dan menjadi sebuah tantangan kita untuk hidup yang lebih baik.

Dan diciptakan masalah bukanlah untuk masalah namun untuk semakin memperindah keberadaan kita di dunia. Subhanallah, banyak orang yang ketika tertimpa masalah yang tanpak pertama kali adalah mengeluh dan mengeluh, bahkan tidak mampu mengendalikan dirinya, sampai-samapi bunuh diri.
Hadapilah masalah dengan senyum, karena suatu saat akan akan menjadi mutiara yang kilauwannya tidak akan pernah padam.


Halimi Zuhdy
Riyadh 3 Juni 2008


(Sungguh betapa Indah Jalannya dan mencintaiNya adalah pilihan)